oleh

Wabup Ciamis Fasilitasi Mediasi Bentrokan Antara Ormas PP dan Gibas

Berita Kab.Ciamis— Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra Fasilitasi Mediasi Kedua Ormas yang Bentrok yakni antara Ormas Pemuda Pancasila dan Ormas Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi (GIBAS) bertempat di ruang Oproom. Kamis malam (27/05/2021).

Diketahui bentrokan kedua ormas tersebut berawal dari acara hiburan pongdut di Dusun Sodong, Desa Tambaksari, Kecamatan Tambaksari pada Rabu (26/5/2021).

Hingga mengakibatkan kedua ormas saling serang batu di Jalan Raya Banjar-Ciamis. Tepat di depan Pool Bus Sumber Jaya, Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Dalam arahannya Wabup Ciamis berharap agar kedua belah pihak melakukan islah untuk menjaga kondusifitas ditengah masyarakat.

“Kami berharap kedua belah pihak baik dari Pemuda Pancasila maupun dari Gibas agar melakukan islah untuk kepentingan lebih jauh, terutama menjaga kondusifitas di tengah masyarakat,” Ujar Wabup.

Menurutnya, jika kedua ormas bersikeras untuk tidak melakukan islah maka dipersilahkan untuk ditempuh melalui jalur hukum.

“Kita bersama-sama berkomitmen menahan diri, dan selalu berupaya agar Ciamis kedepannya bisa lebih baik,” Jelasnya .

Sementara itu Dandim 0613 Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani S.Sos, menyampaikan agar para pimpinan kedua ormas yang bentrok untuk dapat mengendalikan anggotanya masing- masing agar tidak menyebabkan hal-hal yang tidak diharapkan.

“Saya berkeyakinan bahwa disini ketuanya bisa mengendalikan anggotanya atau anak buahnya di lapangan, jangan sampai ada korban karena berita hoax,” Ucapnya.

“Kita akan kawal terus, saya bukan orang Ciamis tapi saya sayang dengan Ciamis, kita akan proses seadil adilnya, jangan sampai ada pergerakan lagi dan kami berharap kedua pihak dapat islah, ” Tambahnya.

Sekretaris GIBAS Resort Ciamis Galih menyampaikan para pengurus telah mengintruksikan untuk selalu komunikatif dan selalu menjaga kondusifitas pada anggota-anggotanya.

“Kita pengurus atau pimpinan yang diatas tidak ada masalah dan kami sepakat untuk meredam permasalahan ini,” Ucap Galih.

Sementata itu Sekretaris PP Kab. Ciamis Indra menyampaikan agar tidak mudah percaya dan termakan dengan berita hoax, sehingga berefek pada hal- hal yang tidak diharapkan.

“Kita ingin Ciamis kondusif dan kita berharap agar semua Ormas di Kabupaten Ciamis dapat menjalin hubungan yang baik satu sama lainnya,” Tandasnya.

“Atas nama pribadi dan organisasi kami minta maaf yang sebesar besarnya, kita harus berkomitmen sampai keakar rumput, ” Pungkasnya.

Mediasi tersebut turut dihadiri oleh Sekda Ciamis, Kapolres Ciamis, Dandim 0613 Ciamis, Kepala Bappeda, Kapolsek Karangpucung Polres Cilacap, Kapolsek Majenang Polres Cilacap serta Para pimpinan kedua Ormas PP dan Gibas.(Js)

 

News Feed