oleh

Wabup Yana Hadiri Opening Ceremony Pagelaran Kreasi Priangan Timur 2021

Berita Pemda Ciamis— Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri acara Opening Ceremony Pagelaran Kreasi Priangan Timur (PKPT) 2021 bertempat di Taman Wisata Karangresik Tasikmalaya, Sabtu (03/04/2021).

Kegiatan tersebut sebagai upaya mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya bekerjasama dengan pemerintah daerah.

Dengan mengusung tema ‘Pesona batik dan wisata Priangan Timur’ event yang juga dilaksanakan secara virtual tersebut merupakan bagian dari karya kretif Jawa Barat dan karya kreatif Indonesia dalam mendukung gerakan nasional Bangga buatan Indonesia serta bangga berwisata di Indonesia.

Turut hadir dalam acara tersebut 5 Kepala daerah atau yang mewakili diantaranya Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis serta diikuti oleh Gubernur Jawa Barat secara virtual.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Ciamis menyampaikan siap mendukung dan mensukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan berwisata di Indonesia saja.

Beliau berharap kegiatan tersebut dapat menjadi sebuah solusi untuk membangkitkan para pelaku UMKM yang ada di Jawa Barat khususunya di Kabupaten Ciamis dan Priangan Timur.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam kesempatan tersebut mengatakan sedikitnya ada 15 ribu pelaku usaha mikro. kecil, dan menengah yang terpilih dan akan terus dipromosikan.

Untuk itu, selama April ini ia meminta masyarakat untuk menggencarkan promosi produk UMKM Jawa Barat di akun media sosialnya masing-masing.

“Saya perintahkan kepada ibu-ibu se-Jawa Barat, tolong belanjanya dimaksimalkan. Kalau ada suami protes, bilang diperintahkan Gubernur Jawa Barat,”ujarnya.

Di samping berbelanja, Emil juga mengajak masyarakat untuk berwisata dan berkuliner di Jawa Barat. Pasalnya, ia mengatakan Jawa Barat memiliki banyak destinasi bagus untuk bersepeda, touring, hingga hiking. Namun, ia mengingatkan agar masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan selama berwisata.

Kang Emil mengatakan sudah lebih dari satu tahun masyarakat berjuang dan berperang melawan pandemi Covid-19. Karena itu, ia meminta masyarakat untuk melakukan bela negara.

Menurut Emil, apabila dulu bela negara dilakukan dengan mengangkat senjata, saat ini justru dilakukan dengan profesi masing-masing.

“Misalnya, tenaga kesehatan dan dokter yang berjuang di garis depan melawan pandemi covid 19”, Tuturnya.

Sementara dikatakan Kepala Perwakilan BI Tasikmalaya Darjana, acara PKPT merupakan salah satu upaya mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui pengembangan UMKM yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya bekerjasama dengan pemerintah daerah yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan bangga buatan indonesia dan bangga berwisata di Indonesia saja, yang dicanangkan oleh pemerintah, ” Ucapnya.

“Oleh karenanya kegiatan PKPT ini mengambil tema ‘Pesona batik dan wisata Priangan Timur’ yang merupakan juga rangkaian karya kreatif Indonesia dan karya kreatif Jawa Barat,” Tambahnya.

Acara tersebut juga diisi dengan kegiatan Fashion Show oleh ke 5 kepala Daerah, termasuk Kabupaten Ciamis Yana D Putra dengan diiringi Mojang Jajaka Ciamis menampilkan Batik Khas Ciamis.(Jp)

 

News Feed