oleh

Cegah Banjir dan Longsor, Satgas Yonarmed 1 Kostrad dan Warga Pasang Bronjong di Sungai Waiheru

Baraknews Ambon–Dalam rangka mencegah terjadinya banjir, Satgas Yonarmed 1 Kostrad melalui Pos Ramil Waiheru menggelar karya bakti bersama warga memasang bronjong kawat di Sungai Waiheru, Desa Waiheru, Kec. Teluk Ambon Baguala, Ambon, Maluku, Minggu (11/9/2022).

Dalam keterangan tertulis penerangan Satgas, Dansatgas Yonarmed 1 Kostrad Letkol Arm Arief Budiman , S.Sos., M.M., mengatakan, pemasangan bronjong kawat bertujuan untuk menahan pinggiran Sungai Waiheru supaya tidak terkikis air akibat derasnya volume air sungai tersebut.

“Antisipasi luapan air, terlebih saat hujan. sekaligus meminimalisir terjadinya ancaman banjir dan longsor disekitar daerah pinggiran Sungai Waiheru,” ujarnya.

Dijelaskan Letkol Arm Arief Budiman, karya bakti yang dilaksanakan itu merupakan program karya bakti TNI, peran serta TNI dalam kepedulian untuk membantu masyarakat adalah salah satu wujud Tugas TNI selain Perang. “Satgas Yonarmed 1 Kostrad bersama masyarakat berupaya memberikan rasa nyaman kepada warga yang berada disekitar pinggiran sungai Waiheru dari ancaman banjir dan longsor,” tuturnya.

“Fungsinya bronjong kawat sebagai penjaga area tepi sungai dari arus sungai sehingga bantaran sungai tidak akan mudah hancur,” tambah Dansatgas.

Sementara itu, Ketua RW 08 Desa Waiheru Umar Narahaubun mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Satgas Yonarmed 1 Kostrad. “Bapak-bapak dari Kostrad telah membantu kami dalam pemasangan bronjong kawat di Sungai Waiheru, ini sangat penting dan serius untuk masyarakat di desa kami karena ancaman longsor dan banjir suatu saat dapat terjadi dan kami sekarang merasa tenang,” ungkapnya.

Autentikasi : Pen Satgas Yonarmed 1 Kostrad