oleh

KPUD dan Polres Muratara, Mengelar Simulasi PAM TPS

Berita Pilkada MURATARA– KPUD dan Polres kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) provinsi Sumatera Selatan, menggelar simulasi PAM TPS dan pembekalan personil PAM TPS pemilukada Bupati-Wakil Bupati Muratara, 9 Desember 2020 mendatang. Kegiatan dilaksanakan di halaman kantor KPU Muratara.

Kapolres Muratara AKBP Eko Sumaryanto dalam mengatakan bahwa ini merupakan persiapan PAM TPS dan pembekalan untuk personil Polres Muratara pada saat pemilihan kepala daerah 9 desember nanti.

Dia juga menyampaikan agar seluruh masyarakat Muratara ikut serta dalam pemilihan kepala daerah.
“Ayo kita datang ke TPS dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Kita ciptakan pilkada yang aman, damai, lancar dan sehat”, tegasnya, Jumat (26/11/2020).

Dalam kesempatan itu juga dia mengingatkan personel Polres Muratara yang mendapati tugas PAM TPS agar memahami mengenai Tugas-tugas polisi, yang boleh itu apa dan yang tidak boleh itu apa, karena di masa pandemi covid19 ini ada beberapa perubahan peraturan dalam pemilu. Untuk jumlah Anggota Polres yang PAM TPS disiapkan 286 personel

Sementara itu PLT Kasubag Teknis Sekretariat KPUD Muratara Busairi menjelaskan bagaimana tata cara PAM TPS untuk aparat kepolisian, dan juga menerapkan protokol kesehatan dalam pemilihan tanggal 9 desember nanti.

Pemilih sebelum memasuki TPS harus cuci tangan dulu dan di cek suhu tubuhnya, apabila suhu tubuh lebih dari 37,3°C maka di perlakukan secara khusus dengan memilih bilik khusus yang telah disediakan di setiap TPS.

Untuk yang PAM TPS, anggota dari Polres Muratara berada diluar TPS, bertugas mengamankan TPS dari kejadian yang tak di inginkan dan mengantisifasi terjadinya kerumunan masa di TPS.

Anggota PAM TPS (Polisi) diizinkan masuk TPS apabila terdapat kejadian khusus di TPS yang tidak bisa diselesaikan oleh LINMAS atau Petugas Ketertiban TPS dengan berkoordinasi terlebih dahulu kepada ketua KPPS.

Jurnalis: David

News Feed