oleh

Mencegah Pelangaran Pilkada, JNI Mendukung Langkah Bawaslu

Berita Kab. Pandeglang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang menggelar acara Media Meeting dengan para rekan wartawan, dalam rangka menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang tidak lama lagi akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Untuk membangun sinergitas satu persepsi dalam menyajikan informasi kepada masyarakat seputar Pilkada Pandeglang, bertempat di Aula Rumah Makan Saung Mantan Cikupa Pandeglang, Kamis (4/9/2020).

Ketua Bawaslu Pandeglang, Ade Mulyadi dalam sambutannya mengatakan. Para rekan wartawan dalam menyajikan sebuah informasi kepada masyarakat seputar Pilkada, diharapkan untuk dapat bekerjasama dan bersinergi agar pesta demokrasi ini bisa berjalan lancan dan aman.

Lanjut Ade, bahwa informasi yang akurat, terukur, teruji dan terpercaya serta dapat dipertanggung jawabkan adalah informasi yang dikeluarkan oleh media hasil liputan atau pun karya tulis para jurnalis. Dalam acara tersebut, hadir Divisi Penanganan, Fauzi Ilham, Divisi Pencegahan, Iman Ruhmawan.

Sementara Divisi Pencegahan, Iman Ruhmawan menyampaikan. Bahwa pihaknya berharap setiap wartawan ketika menerima informasi dari masyarakat ataupun informasi lainnya, yang berkaitan dengan proses Pilkada kiranya dapat di verifikasi dan di klarifikasi terlebih dulu kebeneran dan fakta dari informasi tersebut.

“Pihak Bawaslu sangat membuka bagi setiap wartawan yang kiranya mau memverifikasi dan mengklarifikasi sebuah informasi, perihal sengketa atau permasalahan yang timbul dan terjadi dalam penyelenggaraan Pilkada Pandeglang nanti,” tegas Iman

Menurut Iman, mudah-mudahan pertemuan ini menjadi langkah awal antara Bawaslu dan Wartawan. Untuk membangun komunikasi dengan harapan, informasi yang tersaji nanti dapat memberikan edukasi positif ditengah masyarakat sebagai upaya pencegahan. Terjadinya pelanggaran- pelanggaran Pemilu terutama pelanggaran yang berunsur terhadap pelanggaran pidana.

“Memang saat ini, baru masih dalam tahap pencegahan pelanggaran administrasi. Akan tetapi, tidak lama lagi proses Pilkada nanti akan masuk kepada fase pelanggaran pidana.” Terangnya

Nanti tugas kami dan juga teman – teman wartawan, kiranya dapat mencegah masyarakat agar tidak terjerat pelanggaran pidana dalam prosesi pilkada mendatang. Dan kita berharap, semoga Pilkada Pandeglang dapat berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif,” harapnya

Usai acara, perkumpulan Jurnalis Nasional Indonesia (JNI) Pandeglang sangat mengapresiasi kegiatan Bawaslu Pandeglang melakukan pendekatan kepada wartawan dan mengajak bersinergi bersama Bawaslu dalam penyajian berita seputar Pilkada.

“Pertemuan ini merupakan gagasan positif yang dilakukan Bawaslu Pandeglang. Kami sebagai wartawan tentunya menyambut baik, serta sangat mendukung keinginan Bawaslu untuk bersama -sama menyajikan informasi pencegahan kepada masyarakat. Agar tidak terjerat pelanggaran seputar Pilkada nanti,” ungkap Andang Suherman Ketua JNI.

Jutnalis     :   rudi

News Feed