oleh

Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Tasikmalaya Dilantik

Berita Kab.Tasikmalaya- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan tahapan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan  anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020, sebanyak 117 (seratus tujuh belas) orang yang resmi dilantik di Hotel Santika Tasikmalaya.

Acara tersebut berjalan dengan khidmat, pembacaan keputusan Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Tasikmalaya Nomor : 001/Bawaslu 001/BAWASLU-KAB.TASIKMALAYA/HK.01.01/XII/2019 tentang Penetepan Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya Tahun 2020, dihadiri dari perwakilan Bawaslu RI, KPU Kab. Tasikmalaya, Pemerintah Daerah, Polres Kabupaten, Polres Kota Tasikmalaya, Kejaksaan Negeri, Kodim 0612 Tasikmalaya dan  beberapa Camat perwakilan dari 39 Kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya.

Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalya, Dodi Juanda. Setelah itu dilanjut dengan pembacaan fakta integritas dan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah oleh anggota Panwascam terpilih.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya meminta para Panwascam yang dilantik untuk solid dan segera menjalin koordinasi dengan mitra kerja dalam mengawasi tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 mendatang. Untuk mewujudkan pengawasan yang berintegritas merupakan salah satu dimensi penting, dapat menghasilkan sumber daya manusia yang betul-betul siap mendedikasikan seluruh sumber dan kapasitasnya dalam melaksanakan kententuan perturan perundang-undangan.

Membentuk Panwas Kecamatan merupakan kewenangan Bawaslu Kabupaten/Kota, maka kewenagannya sesuai mandat peraturan perundang-undangan. Memilih panwascam tidak saja menjadi harapan Bawaslu tetapi juga menjadi harapan publik, harapan masyrakat luas. Sebagai sebuah proses seleksi tentu saja ada yang terpilih dan ada yang tidak terpilih, secara prinsip proses seleksi dilakukan sesuai dengan ketentuan, ujarnya saat membacakan sambutan tertulis Bawaslu RI Abhan.

“Banyak tenaga dan pikiran yang telah terkuras selama seleksi ini, maka dengan sunguh-sunguh saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota dan Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota melakukan seleksi dengan sistem online tentu tidak mudah, inilah yang menjadi salah satu pembeda seleksi panwascam dengan dengan proses seleksi sebelumnya, atas keterpilihan sahabt-sahabat semua, saya mengucapkan selamat datang di keluarga besar Bawaslu,” imbuhnya.

“Penyelenggaraan pemilu 2019 menjadi pengalaman bagi Bawaslu, pengalaman tersebut bisa menjadi modal sosial dalam mengelola pengawasan pemilihan tahun 2020, termasuk mengelola pelaksanaan tugas panwas kecamatan. Kita semua akan bekerja sama dalam melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban untuk terselenggaranya pemilihan. Menjaga integritas dan kridibilitas serta selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga sahabat-sahabat semua dapat menjalankan tugas sebaik mungkin,” Ucap Dodi pesan tertulis Bawaslu RI.

Anggota Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, R. Setia Surya Koordinator divisi (kordiv) SDM dan Organisasi, mengatakan serangkain proses tahapan seleksi rekrutmen panwascam telah dilaksanakan oleh kelompok kerja (Pokja) berdasarkan keputusan Bawaslu Nomor: 0518/K.Bawaslu/TU.00.01/XI/2019 perihal Petunjuk Teknis Pelaksanaan Tes Tertulis Online, Wawancara dan Monitoring Perekrutan Panwascam.

R. Setia Surya menyatakan, selain Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panwascam dilaksanakan juga pleno Ketua dan pleno Divisi diantaranya ada 3 (tiga) anggota panwascam yaitu divisi SDM dan organisasi, divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) dan divisi Penindakan Pelanggaran. Sebagai bagian dari tugas dan fungsi menjadi panitia pengawas kecamatan yang nantinya semua bisa koordinasi dan bekerja sama antar divisi.(Sumber bawaslu kab.Tasikmalaya)

Komentar

News Feed