oleh

Antisipasi Karhutla, Kapolres Majalengka Berikan Batuan Torn Dan Rangsel Air di Lokasi Bupper Cidewata Sadarehe Desa Payung

Berita Mapolres Majalengka — Kepolisian Resor Majalengka Polda Jawa Barat menggelar sosialisasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kabupaten Majalengka tahun 2020, yang berlangsung di Lokasi Bupper Cidewata Sadarehe Desa Payung Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka, Selasa (14/7/2020).

Dimana kegiatan sosialisasi tersebut Kapolres Majalengka Dr.Bismo Teguh Prakoso didampingi Kasat Sabhara AKP Erik Riskandar, Kasat Binmas IPTU Djunardi, Kapolsek Rajagaluh AKP Jaja Gardaja dan dihadiri Camat Rajagaluh H.Swasono, Aparat Desa Payung, Linmas dan MPA (Masyarakat Peduli Api).

Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso mengatakan, Saat musim kemarau di wilayah Kabupaten Majalengka khususnya di Kecamatan Rajagaluh, namun pihaknya berharap upaya antisipasi dan penanggulangan karhutla ini tetap harus dilakukan secara bersama.

“Berkaca pada pengalaman karhutla tahun 2019 lalu, untuk Kabupaten Majalengka sendiri, daerah (kecamatan) yang sering terjadi karhutla pada tahun itu dengan kategori tinggi, yakni berada di Kecamatan Rajagaluh, Kecamatan Sindangwangi dan Kecamatan Argapura” kata Kapolres AKBP Dr.Bismo.

“Kita turun langsung ke Lokasi Bupper Cidewata Sadarehe Desa Payung Kecamatan Rajagaluh menemui warga sebagai Pengelola Bupper Cidewata Sadarehe untuk memberikan sosialisasi karhutla tentang larangan membakar hutan sesuai dengan perundang undangan yang berlaku,” ujar Kapolres.

Hal itu Kapolres Majalengka mengajak warga Majalengka khususnya Warga Kecamatan Rajagaluh ini agar peduli dan bijaksana dalam melihat kondisi musim kemarau. Giat ini kita bersama-sama mencegah karhutla dengan cara tidak melakukan pembakaran pada lahan dan selalu memperhatikan resiko yang terjadi nantinya” kata AKBP Bismo.

Selain sosialisasi, Kapolres Majalengka memberikan bantuan Memberikan  bantuan berupa Torn Kapasitas 5000 Liter kepada Pengelola Bupper Cidewata Sadarehe Desa Payung Kecamatan Rajagaluh dan 10 Rangsel Air kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa, Linmas dan MPA (Masyarakat Peduli Api).

Kapolres Majalengka juga siap menerima laporan pengaduan dari masyarakat apabila ada titik Karhutla yang terjadi di lingkungannya, dikarenakan pihak Polres Majalengka, bersama TNI dan Dinas Pemadam Kebakaran selalu sigap menangani Karhutla dan siap membantu memadamkan Karhutla” Ujar Kapolres

Setelah melakukan sosialisasi, Kapolres Majalengka langsung melakukan peninjauan pengecekan beberapa lokasi yang berpotensi titik api di sekitaran Lokasi Bupper Cidewata Sadarehe Desa Payung yang mana salah satu lokasi tersebut kaki gunung Ciremai.(rudi/humas)

News Feed