oleh

Antisipasi Kebakaran Hutan Polsek Sindangwangi Polres Majalengka Lakukan Patroli Karhutla

Berita Mapolres Majalengka –Musim kemarau yang berkepanjangan membuat lingkungan di wilayah hukum Polsek Sindangwangi Polres Majalengka menjadi gersang dan tanaman pun mulai banyak yang mengering. Akibatnya dapat menimbulkan kerawanan kebakaran hutan karena ranting dan daun pohon sudah mulai mengering.

Keadaan tersebut tak disia-siakan oleh personel Polsek Sindangwangi Polres Majalengka yang dipimpin Kapolsek Sindangwangi IPTU Udiyanto bersama anggota untuk melaksanakan patroli hutan menyusuri wilayah hutan Perhutani Gunung Pola Desa Lengkong Wetan Serta Buper Talaga Pancar Desa Lengkongkulon dan Kawasan TNGC Awilega Desa Bantaragung Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka. Kamis (6/8/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara intensif oleh Polsek Sindangwangi Polres Majalengka dalam rangka mencegah dan antisipasi tejadinya Karhutla, karena dengan situasi banyak dedaunan yang kering akan membuat mudah sekali api untuk membakar dan menjalar menjadi besar.

Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso melalui Kapolsek Sindangwangi IPTU Udiyanto mengatakan,” Beberapa wilayah Kecamatan Sindangwangi, tahun lalu sudah terjadi kabut asap tebal yang mengganggu aktifitas dan kesehatan, akibat dari kebakaran hutan.

Mari kita cegah kebakaran hutan dengan melaksanakan patroli, lebih lanjut IPTU Udiyanto menambahkan mari kita jaga kelestarian hutan demi anak cucu kita dimasa mendatang, maka dari itu kita cegah adanya kebakaran hutan,” ungkap Kapolsek Sindangwangi.

Masih menurut IPTU Udiyanto,” Kebakaran hutan disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, kebiasaan membuang rokok pada kawasan hutan, membuat api pada kawasan hutan, membuka lahan dengan membakar saraseh, terlebih dengan cuaca yang panas tiupan dan angin.

Karhutla sudah menjadi atensi dari pemerintah untuk bersama antisipasi cegah dini, walaupun sampai saat ini belum ditemukan titik api, namun antisipasi karhutla terus gencar disosialisasikan dan antisipasi terus diupayakan,” pungkas Kapolsek Sindangwangi IPTU Udiyanto.

Penulis    : Rudi

News Feed