oleh

Beri Sarana Budidaya Ikan Lele, Langkah Kodim 0104/Atim Dorong Santri Mandiri

Berita Kota Langsa – Selain mendukung program ketahanan pangan, Kodim 0104/Atim berinovasi memberikan sarana budidaya ikan lele guna meningkatkan perekonomian para santri di Langsa dan Aceh Timur, Kamis (11-06-2020).

Hal tersebut disampaikan Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) yang diwakili Danramil 22/Langsa Barat Lettu Inf Supriyanto saat menyerahkan sarana budidaya ikan lele kepada Dayah Bustanul Malikussaleh yang diterima langsung oleh Tgk. Salahuddin (Abati) selaku pimpinan Dayah.

Lanjutnya, penyerahan bantuan kolam lele dengan sistem bioflok ini merupakan salah satu upaya Kodim 0104/Atim untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat di tengah penerapan New Normal di Kota Langsa.

“Kita serahkan satu unit kolam lele kepada Dayah Bustanul Malikussaleh ini, untuk mengembangkan dan meningkatkan perekonomian dayah ini, ”katanya. Lanjut, bersamaan dengan itu, kita juga memberikan 1000 bibit ikan lele beserta pakannya.

Selanjutnya, Supriyanto juga berharap dengan adanya kolam lele bioflok ini, dapat menjadi sarana untuk menambah pengetahuan dan keterampilan serta menumbuhkan jiwa entrepreneur atau wirausaha bagi para santriwan dan santriwati di Dayah Bustanul Malikussaleh ini, serta menjadi bekal ke depan, supaya para santri setelah tamat dari Dayah ini dapat menerapkan kemandirian pangan dalam keluarga dan di masyarakat.

Sementara Tgk. Salahuddin selaku pimpinan Dayah saat pelaksanaan kegiatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0104/Atim dan bersyukur atas bantuan tersebut. Dengan bantuan ini akan dapat meningkatkan motivasi para santri untuk berkarya juga sebagai wahana meningkatkan jalinan silaturahmi antara Dayah dengan Kodim 0104/Atim,  dalam meningkatkan perekonomian para santri di Dayah ini, “pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pelatihan oleh Babinsa 23/Lgst Serda Darlianto kepada para santri tentang cara memfermentasi air, membuat pakan dalam berbudidaya ikan lele dengan sistem Bioflok.

Sementara itu secara bersamaan di  Kabupaten Aceh Timur, juga diserahkan Sarana Budidaya Ikan Lele Kepada Dayah Misbahul’ulum Diniyah Al-Aziziyah (Dayah Muda), yang bertempat di Desa Aramiyah, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, yang diwakili Danramil 11/Birem Bayeun Lettu Inf Jaya Sakti yang diterima langsung oleh Tgk. Muktar Ibrahim, S.Sos.I (Abati Aramiyah) selaku pimpinan Dayah Muda, Kamis (11-06-2020).

Danramil 11/Brb mewakili,Dandim 0104/Atim mengatakan bahwa bantuan sarana budidaya ikan lele ini diharapkan akan dapat membuka lapangan kerja baru dan mampu meningkatkan perekonomian para santri.

Saya juga berharap, pesantren dan dayah di Kabupaten Aceh Timur menjadi mandiri dan mampu mencetak para santriwan dan santriwati yang mempunyai jiwa entrepreneur sehingga mereka dapat membuka lapangan pekerjaan pada saat kembali ke tengah – tengah masyarakat nanti, “pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Babinsa Desa Aramiyah Serka Samsul Bakri, para Santri Dayah Muda. (syamsudin)

Komentar

News Feed