oleh

Dandim 0503/JB bersama Tiga Pilar Jakarta Barat Hadiri Simulasi Kampung Tangguh Bencana di Cengkareng

Berita KODAM JAYA, JAKARTA BARAT – Dalam rangka menghadapi dan mengantisipasi bencana, Komandan Kodim 0503/Jakarta Barat Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki, S.I.P., bersama Tiga Pilar Jakarta Barat menghadiri apel dan Simulasi Percontohan Kampung Tangguh Bencana bertempat di RW.01 Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (6/12/2020) Pagi.

Acara simulasi diawali dengan apel gabungan Tiga Pilar yang dipimpin oleh Walikota Kota Administrasi Jakarta Barat Uus Kuswanto, S.Sos., MAP.

Dalam sambutannya, Walikota menjelaskan, “Kegiatan yang dilakukan
ketika terjadi bencana itu sesuai nomor 103 tahun 2020 tentang pelaksanaan percontohan kampung tangguh bencana dalam menghadapi cuaca dan memasuki musim penghujan”.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa ini insya Allah yang nanti akan kita lakukan dari jajaran pemerintah kota dan masyarakat. Tdak ada alasan bagi warga masyarakat pada saat terjadi di sekitar kita bukan hanya di Jakarta. TNI, Polri dan jajaran Pemerintah Kota mengantisipasi musim penghujan yang terjadi sebagai salah satu upaya mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan melibatkan masyarakat, akan mempersiapkan seluruh sarana prasarana. Aparat Pemerintah Kota, TNI dan polri berada di tengah-tengah warga masyarakat, saya yakin dengan koordinasi dan kerjasama di masyarakat ini bisa mmenjadi contoh bagi wilayah wilayah banjir yang ada di Jakarta Barat”, urai Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto.

Dalam apel tersebut diikuti oleh Personil Kodim 0503/Jakarta Barat dengan mengerahkan Babinsa tiap Koramil sebanyak 20 personil, Intel Kodim sebanyak 6 orang. Personil Polres Jakarta Barat mengerahkan sebanyak 10 orang dari Polsek Cengkareng, Dishub 15 orang, Damkar 7 orang, BPBD 6 orang, Sudin Lingkungan Hidup 30 orang, Bazis 5 orang, Satpol PP 15 orang dan Tagana 20 orang.

Sementara itu, Kepada awak media, Dandim 0503/JB Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki, S.I.P., mengatakan, “Hari ini kami bersama Tiga Pilar melakukan apel dan simulasi menghadapi bencana terutama bencana banjir. Seluruh stakeholder dalam penanganan banjir itu tahu siapa dan berbuat apa di dalam pelaksanaan sebenarnya apabila terjadi bencana”.

“Sehingga apabila terjadi bencana di masyarakat, kita semua dapat mempraktekannya. Kami dari Kodim 0503/JB dalam hal ini TNI-Polri tadi bersama sama di lapangan dengan Tagana, Dapur Umum, menyiapkan Tenaga Kesehatan sehingga diharapkan nantinya dapat menjadi rangkaian cerita yang dihadapkan pada situasi sebenarnya sebagai langkah awal pada situasi bencana banjir kedepannya”, pungkas Dandim.

Hadir dalam giat apel simulasi percontohan kampung tangguh bencana antara lain Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto, S.Sos.,MAP., Dandim 0503/JB Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki S.I.P., Kapolres Metro Jakbar Kombes Pol Audie S Latuheru SIK, para Asisten Walikota, Para Kasudin Walikota, Camat Cengkareng H. Faqih Lurah Rawa Buaya Syafwan Busti, Pasi Inteldim 0503/JB Mayor Inf Misin .MD, Pasiops Kapten Inf Sugianto dan Danramil 04/Cengkareng Kapten Cpl R. Edy Moerdoko. (*Sumber Penerangan Kodim 0503/JB*)

News Feed