oleh

Kapolres Aceh Timur Pimpin Apel Gelar Pasukan Kegiatan Pembagian Masker Secara Serentak

Berita Aceh Timur — Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro,S.I.K,M.H memimpin Apel Gelar Pasukan Kegiatan Pembagian Masker Secara Serentak, Kampanye Jaga Jarak Dan Hindari Kerumunan, Operasi Yustisi Penggunaan Masker Di Wilayah Hukum Polres Aceh Timur bertempat di Lapangan Apel Polres Aceh Timur, pada Kamis (10/09/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam penertiban dan pendisiplinan wajib menggunakan masker bagi masyarakat guna memutuskan penyebaran Covid-19 utamanya di wilayah hukum Polres Aceh Timur.

Dalam apel gelar pasukan tersebut dihadiri juga dihadiri oleh Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M Thaib,S.H, Wakapolres Aceh Timur Kompol Warosidi,S.H,M.H, Kepala Dinas Perhubungan Mukhtar, Kepala BPBD Kabupaten Aceh Timur Ashadi, Kepala Satpol PP/WH Kabupaten Aceh Timur T.Amran, S.E,M.H, Para Kabag, Kasat dan Perwira Polres Aceh Timur. Sedangkan peserta upacara terdiri dari: satu pleton personil TNI (Kodim 0104/Atim), Personil Polres Aceh Timur, Satu pleton gabungan dari Dinas Perhubungan, BPBD dan Satpol PP Kabupaten Aceh Timur.

Mengawali amanatnya Kapolres mengucapkan terima kasih kepada TNI (Kodim 0104/Atim), Satpol PP dan BPBD Kabupaten Aceh Timur dengan kuatnya komitmen bersama untuk terus bersinergi dalam mewujudkan rasa aman nyaman dan kondusif di tengah masyarakat dalam situasi adaptasi kebiasaan baru pencegahan Covid-19 di wilayah hukum Polres Aceh Timur.

“Kesuksesan peningkatan penertiban pendisiplinan masyarakat dalam penggunaan masker bukan hanya keberhasilan TNI-Polri semata namun hal ini adalah kesuksesan kita bersama yang tidak terlepas dari kesiapan masing-masing satuan keterpaduan /sinergitas seluruh stakeholder serta komponen masyarakat terhadap pencegahan Covid-19 di wilkum Polres Aceh Timur.” Tegas Kapolres.

Apel gelar pasukan ini didasarkan atas Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020 yang menitikberatkan kepada Instansi Pemerintah, TNI dan Polri untuk bersama-sama mendisiplinkan masyarakat (memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak) guna menutup mata rantai Covid-19 sehingga percepatan pembangunan ekonomi nasional dapat berjalan dengan baik di semua sektor.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres juga menyebutkan, bahwa sampai dengan bulan September ini dampak Covid-19 di Provinsi Aceh meningkat tinggi, khususnya Kabupaten Aceh Timur, kian hari semakin meningkat, dengan capaian positif Covid-19 sebanyak 38 orang dirawat di RSU Zubir Mahmud selain itu terdapat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 11 orang dan selesai Perawatan PDP 10 orang.

Segala upaya pencegahan Covid-19 di Kabupaten Aceh Timur oleh Forkopimda dan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Aceh Timur, antara lain penyemprotan disinfektan di perkantoran tempat tempat ibadah, pusat perbelanjaan maupun pusat keramaian lainnya, melakukan sosialisasi dan himbauan Adaptasi Kebiasan Baru kepada masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di tempat-tempat keramaian (terminal, pasar tradisional, sekolah tempat pendidikan, pantai tempat ibadah, warung warung kopi, pertokoan dan tempat keramaian lainnya), membuat spanduk atau brosur tentang himbauan pencegahan Covid-19 di wilkum Polres Aceh Timur.

Karena kurangnya kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan Polda Aceh khususnya Polres Aceh Timur dalam rangka meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Covid-19 di wilkum Polres Aceh Timur, Polres Aceh Timur bersama Forkopimda dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Aceh Timur akan melaksanakan peningkatan penertiban, pendisiplinan masyarakat dalam penggunaan masker.

“Saya berharap kepada seluruh personil yang terlibat dalam kegiatan peningkatan penertiban, pendisiplinan masyarakat dalam penggunaan masker ini agar mendisiplinkan diri terlebih dahulu dengan menggunakan masker dan jaga jarak serta melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan standar operasional prosedur dan protokol kesehatan. Pungkas Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro,S.I.K,M.H.

Usai pelaksanaan apel gelar pasukan, Kapolres dengan didampingi Bupati Aceh Timur menyerahkan masker secara simbolis kepada petugas perwakilan dari TNI (Kodim 0104 Atim), Polri (Polres Aceh Timur) dan Satpol PP Kabupaten Aceh Timur yang selanjutnya dilakukan pembagian masker.

Pembagian masker dipusatkan di depan kantor Satlantas Polres Aceh Timur dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Aceh Timur AKP Salmidin,S.E bersama Kasatpol PP Kabupaten Aceh Timur T.Amran,S.E,M.H.

Ada 7.000 masker yang akan kami bagikan kepada pengguna jalan yang tidak menggunakan masker. Ujar AKP Salmidin disela sela pembagian masker sambil terus mengimbau kepada warga untuk terus mematuhi protokol kesehatan.(syam)

News Feed