oleh

Pangdam XIV Hasanuddin, Bantu Bangun Kembali Rumah Warga Kolut yang Terbakar

Berita Makodam Hasanudin—Panglima Daerah (Pangdam) XIV Hasanuddin Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka, S.E., M.M kembali memberikan perhatiannya langsung ke masyarakat dengan membantu pembangunan rumah milik Bapak Colleng (55), warga desa Powalaa, kecamatan Pakue Tengah kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra),Minggu 03/01/21.

Rumah Colleng terbakar akibat hubungan arus pendek listrik pada hari Kamis (24/12/2020) lalu. Rumah itu hanya dihuni berdua dengan istrinya, Nursia(51). Karena dua orang anaknya sudah menikah dan memiliki tempat tinggal masing-masing.

Akibat kebakaran tersebut, kini Bapak Colleng dan Istri hanya tertinggal pakaian di badan. Semua harta bendanya hangus terbakar beserta rumahnya. Diperkirakan, pria paruh baya yang bekerja sebagai petani itu mengalami kerugian materi hingga Rp90 juta karena bencana kebakaran tersebut.

Bencana tersebut mendapat perhatian khusus dari Pangdam XIV/Hasanuddin yang disampaikan oleh Komandan Rayon Militer (Danramil) 1412-05/Pakue, Kapten Inf. Rustam kepada Komandan Distrik Militer (Dandim) 1412/ Kolaka, Letnan Kolonel Inf. Risa Wahyu Pudji Setyawan BS., M.Han di Kolaka.

Selanjutnya, Pangdam XIV/ Hasanuddin memberikan bantuan pembangunan rumah untuk Colleng. Bantuan tersebut disalurkan melalui Kodim 1412/ Kolaka kepada Koramil 1412-05 Pakue. Peduli Sesama, Bersama Kita Bisa dalam menghadapi kesulitan masyarakat, itulah yang pernah disampaikan Bapak Pangdam XIV Hasanuddin yang dijadikan pedoman oleh seluruh Prajurit bersama segenap komponen masyarakat.

Danramil 1412-05 Pakue, Kapten Inf. Rustam mengatakan, pada awalnya rencana pembangunan rumah tersebut akan dibangun di lokasi yang sama. Namun setelah dilakukan penelusuran, ternyata lokasi tersebut bukan tanah milik Colleng. Dia hanya menumpang di tanah tersebut.

Sehingga Danramil 1412-05 Pakue berinisiatif mencari solusi dengan bermusyawarah bersama pihak Pemda setempat, dalam hal ini Kepala Desa dan Tokoh tokoh masyarakat desa Powalaa.

“Salah satu anak dari bapak Colleng kemudian menghibahkan tanahnya untuk dijadikan pembangunan rumah tersebut. Dan sekarang proses pembangunan rumah sedang berjalan secara gotong royong dengan warga desa setempat bersama anggota Koramil 1412-05 Pakue,” kata Kapten Inf. Rustam. Kebersamaan masyarakat dengan para Babinsa menunjukkan semangat kepedulian yang luar biasa. Inilah wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat yang tidak pernah pudar oleh waktu dan terpaan modernisasi.(Umar)

News Feed