oleh

Rutin, Kapolres Banjar Kembali Kunjungi KWT dan UMKM di Wilayah Langensari

Berita MaPolres Banjar Polda Jabar – Agenda rutin kunjungan terhadap KWT (Kelompok Wanita Tani) dan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di kota Banjar kembali dilaksanakan kapolres Banjar AKBP Melda Yanny, S.I.K,MH. Kali ini pemegang tongkat estafet Kapolres Banjar bersama PKK Kota Banjar dan Polwan Polres Banjar menyasar beberapa kebun milik warga lingkungan Margasari kelurahan Bojongkantong kecamatan Langensari dan salah satu kebun keluarga Husin Munawar, salah satu anggota DPRD Kota Banjar. (19/8/2020).

Sebagai upaya program pengembangan KWT dan UMKM di Kota Banjar, Kapolres Banjar dalam sambutannya menyemangati KWT dan pelaku UMKM agar selalu inovatif dalam menciptakan ketahanan pangan yang dapat mendongkrak perekonomian daerah dimasa pandemi covid-19.

“dimasa pandemi seperti saat ini, masyarakat harus dapat menciptakan kreatifitas dan meningkatkan produktivitas dalam ketahanan pangannya. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat bisa bangkit dari dampak keterpurukan ekonomi,” urainya.

Kapolres Banjar yang suka blusukan ini kemudian mengunjungi kebun pokcay, cabe dan jeruk KWT Tunas Mandiri dan turut serta memanen sayuran pokcay dan jeruk bersama ketua PKK kota Banjar dan timnya.

Menanggapi kunjungan kapolres dan PKK, salah satu pemilik kebun jeruk, Husin Munawar mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kunjungan kapolres bersama rombongannya karena memang diakuinya bahwa lahan pertanian merupakan sektor yang tidak terdampak pandemi.

“ini bisa jadi motivasi bagi kami untuk semakin semangat dalam meningkatkan ketahanan pangan dan lebih produktif dalam menanam tanaman yang punya nilai ekonomisnya,” ucapnya.

Usai mengunjungi KWT lingkungan Margasari, Kapolres Banjar bersama rombongan mengunjungi pelaku UMKM keripik sale. Disini kapolres memberikan ide-ide segar kepada pemilik sale dengan brand ‘pisang mesir’ ini dalam hal marketing produk.

“rasanya enak dan produknya sudah dikemas dengan cantik sehingga menarik pembeli. Tinggal bagaimana mengatur strategi pemasaran agar produk ini dikenal di masyarakat luas sebagai salah satu produk khas kota Banjar,” katanya.

Kapolres bersama rombongan juga mengunjungi kebun belimbing madu di dusun Purwadadi desa Waringinsari kecamatan Langensari. Selain mencicipi buah belimbing yang menjadi produk khas Langensari ini, kapolres juga memborong belimbing dan buah hasil pertanian setempat.

“luar biasa sekali, belimbing madunya fresh bisa kita petik sendiri dan bisa langsung makan ditempat. Kebun ini bisa juga dijadikan kawasan agro wisata dikota Banjar dan diharapkan dapat menjadi pendongkrak ekonomi warga sekitarnya,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny, S.I.K.,M.H. memberikan bantuan paket sembako kepada KWT dan pelaku UMKM tersebut, dalam rangka menyambut hari jadi Polwan Ke -72.

Jutnalis   : Humas

News Feed