oleh

Seminar Forum Doktor Polisi, Kapolres Majalengka  Polda Jabar Sebagai Pembicara Dilema Hubungan Polisi dan Masyarakat di Era Kekinian

Seminar Forum Doktor Polisi, Kapolres Majalengka  Polda Jabar Sebagai Pembicara Dilema Hubungan Polisi dan Masyarakat di Era Kekinian

Berita Mapolres Majalengka Polda Jabar –Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso sebagai pembicara melalui Seminar Forum Doktor Polisi dengan tema “Dilema Hubungan Polisi dan Masyarakat di Era Kekinian” dilayar Zoom Meteeng bertempat di Aula Sindangkasih Polres Majalengka, Jumat sore (7/8/2020).

Seminar Forum Doktor Polisi dengan tema Dilema Hubungan Polisi dan Masyarakat di Era Kekinian bersama Prof. Andrianus Meliala Ph.D, Kapolres Majalengka memaparkan tentang

Dilema Hubungan Polisi dan Masyarakat di Era Kekinian melalui Zoom Meeting bagi Masyarakat umum se-Indonesia.

Sesuai arahan Bapak Kapolri, Kapolda dan Para Pemimpin agar Polisi yang simpatik dalam bukunya yang klasik berjudul The Smiling Police, menyatakan keberhasilan polisi dalam menjalankan tugas sebetulnya ditentukan dengan simpati dan humanis dengan kedekatan hubungannya dengan masyarakat.

Artinya, sejauh mana polisi bersikap ramah, mampu menjalankan amanah yang diberikan untuk mengayomi dan menjaga keselamatan masyarakat, bukan semata ditentukan oleh senjata yang dimiliki atau kewenangannya untuk melakukan penindakan, melainkan juga ditentukan oleh citra yang berhasil dibangun dan bagaimana polisi mampu mengembangkan hubungan yang baik dengan masyarakat.

Polisi di era postmodern haruslah polisi yang profesional, modern, dan dipercaya masyarakat. Program menjalin kerja sama dan persahabatan dengan masyarakat perlu dikembangkan karena dengan jumlah personel dan dukungan dana yang terbatas tidaklah mungkin polisi mampu menjamin keamanan masyarakat secara keseluruhan.

Ketika ancaman tindak kriminal makin massif dan ulah penjahat juga makin berani, upaya pencegahan dan upaya kuratif untuk menangani gangguan keamanan masyarakat niscaya hanya dapat dilakukan jika polisi dan masyarakat menjalin kerja sama yang harmonis. Dalam membangun citra sebagai polisi yang simpatik dan sahabat masyarakat ialah fondasi awal untuk meningkatkan kinerja aparat kepolisian di masa depan.

Diakhir Paparan Kapolres Majalengka dilanjutkan dengan Interaksi dengan Para Peserta Zoom Meeting dari Masyarakat umum se Indonesia tanya jawab terkait Penanganan Polri dan peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa kemudian jawab langsung oleh Kapolres Majalengka.

Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso mendapatkan respon Positip dan Apresiasi atas Paparan dan Kinerjanya banyak berhasil dalam penanganan Kasus serta kinerja dilapangan dilakukan dengan simpatik dan Humanis dari kalangan Masyarakat melalui Zoom Webinar Chat.

Penulis    : rudi

News Feed