oleh

Sidak Ruang Tahanan, KOMPOL Sumari Instruksikan Tingkatkan Kewaspadaan

Berita Mapolres MAJALENGKA -Pandemi Covid-19 yang masih melanda tanah air tidak boleh membuat petugas jaga tahanan menurunkan kewaspadaannya. Penjagaan tahanan wajib mengikuti semua prosedur dan SOP baku yang telah ditetapkan. Hal tersebut disampaikan Wakapolres Majalengka KOMPOL Sumari saat melakukan inspeksi mendadak di ruang jaga tahanan Mapolres Majalengka. Sabtu pagi (10/10/2020).

KOMPOL Sumari menekankan, selain meningkatkan kewaspadaan, petugas jaga tahanan wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat baik kepada tahanan maupun keluarga yang berkunjung. Menurutnya, hal ini sangat penting untuk mencegah penyebaran maupun penularan covid-19 khususnya dilingkungan Rutan Mapolres Majalengka.

Dalam kesempatan tersebut, KOMPOL Sumari didampingi beberapa perwira blusukan memeriksa satu persatu ruang penjagaan dan tahanan. Pihaknya menilai, banyak peristiwa tahanan kabur yang berawal dari kelengahan petugas yang kemudian dimanfaatkan untuk mengelabui dan lari dari ruang tahanan.

“Meskipun berstatus tahanan, tetapi harus diperlakukan humanis dan memperhatikan koridor HAM. Kemudian untuk mencegah Covid-19 diberlakukan protokol kesehatan yang ketat termasuk pemeriksaan kesehatan rutin bagi tahanan.” Ujar Kompol Sumari.

Wakapolres Majalengka ini mengecek ruang jaga tahanan serta fasilitas yang menyertainya. Pengecekan tahanan dimulai dari kondisi fisik tahanan, barang bawaan yang digunakan dan keamanan setiap ruang tahanan yang ditempati sebagai antisipasi perbuatan yang tidak diinginkan. Bahkan, tak segan-segan, pihaknya meminta agar seluruh barang yang dinilai dapat membahayakan untuk dikeluarkan dari ruang tahanan.

Selain itu, KOMPOL Sumari juga memeriksa kelengkapan administrasi penyidikan terkait masa tahanan, CCTV pengawas hingga soal kebersihan. Pihaknya mengintruksikan agar setiap petugas jaga benar-benar melaksanakan tugasnya sesuai dengan SOP yang ada.

Kepada para tahanan, pihaknya meminta agar para tahanan untuk memperbanyak ibadah dan merenungi perbuatan yang sudah dilakukan untuk mengambil makna dan menjadi manusia yang lebih baik. “Dari sejumlah tahanan yang berada di Rutan Mapolres Majalengka semua sehat dan petugas juga sudah menjalankan SOP dengan baik” Pungkasnya.(rudi)

News Feed