oleh

Tekan Angka permasalahan psikologis prajurit TNI-AD, Jajaran Korem 143/Halu Oleo Terima Penyuluhan Dispsiad

Berita KENDARI, – Sebanyak 100 (Seratus) orang prajurit jajaran Korem 143/Halu Oleo mengikuti penyuluhan Psikologi dan Sosialisasi Konseling Elektronik (Kons-El) bagi prajurit TNI-AD TA. 2020 yang dilaksanakan di Aula M. Yusuf Batalyon Infanteri (Yonif) 725/Woroagi. Kamis, (3/12/2020).

Hal tersebut diungkapkan oleh perwira seksi (Pasi) Intel Yonif 725/Woroagi Lettu Inf Fuad, S.T.Han., dalam releasannya di Mako Yonif 725/Woroagi Ds. Rambu-rambu jaya, Kec. Ranomeeto, Kab. Konsel. Jum’at, (4/12/2020).

“Pada Kamis Pagi, Tim Psikologi dari Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad) yang dipimpin oleh Letkol Caj Dwi Yanu Herwanto, M.Psi., Psikolog., beserta 2 orang Perwira Dispsiad mendatangi Mako Yonif 725/Woroagi guna memberikan penyuluhuan psikologi dan sosialisasi konseling elektronik (Kons-El) bagi prajurit TNI-AD,” ujar Fuad.

“Berkaitan dengan Komandan Korem (Danrem) 143/Halu Oleo Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, S.E., M.B.A., berhalangan, Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 725/Woroagi Mayor Inf Muhammad Amin S.IP., dipercayakan untuk mewakili Danrem 143/Halu Oleo untuk menyambut kedatangan Tim Psikologi Dispsiad di Mako Yonif 725/Woroagi,” lanjutnya.

Pada saat acara berlangsung, dalam amanat Danrem 143/Halu Oleo yang dibacakan oleh Danyonif 725/Woroagi Mayor Inf Muhammad Amin, mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Psikologi Dispsiad.

“Atas nama pribadi dan keluarga besar Korem 143/Halu Oleo saya mengucapkan selamat datang kepada tim penyuluh psikologi dan sosialisasi konseling elektronik (Kons-El) yang dipimpin Letkol Caj Dwi Yanu Herwanto, M.Psi., Psikolog, Kepala Lembaga Perawatan Psikologi (Kalawatpsi) DispsiadĀ  bersama 2 orang anggota Dispsiad, juga terima kasih karena telah menyelenggarakan kegiatan ini di wilayah jajaran Korem 143/Halu Oleo,” ucap Muhammad Amin

“Penting bagi seorang Prajurit untuk senantiasa menjaga kondisi psikologis dan menerapkan pola hidup sehat serta mempertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME melalui fungsi pembinaan mental serta perlu adanya konseling dari seorang Psikolog yang dapat memberikan nasihat dan saran Psikologi,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, sambutan Kadispsiad Brigjen TNI Dr. Eri R. Hidayat, MBA., MHRMC., yang dibacakan oleh Letkol Caj Dwi Yanu Herwanto mengungkapkan bahwa kedatangannya di Wilayah Korem 143/Halu Oleo untuk melaksanakan tugasnya sebagai fungsi perawatan psikologi.

“Tujuan kami melaksanakan kegiatan ini yaitu berkaitan dengan maraknya permasalahan psikologis yang dialami oleh prajurit di lingkup TNI-AD, oleh karena itu kami yang memiliki tugas dan fungsi perawatan psikologi, dalam hal ini fungsi pencegahan. Salah satu bentuk pencegahan permasalahan psikologis, perlu memberikan kegiatan penyuluhan terkait informasi yang dibutuhkan oleh prajurit untuk menghindari/mencegah serta mengetahui cara meminimalisir permasalahan psikologis yang dirasakan oleh prajurit,” terangnya.

“Selanjutnya kami juga mensosialisasikan program Kons-El yang dibuat oleh Dispsiad dengan tujuan agar Dispsiad dapat menyentuh langsung kepada pengguna, dalam hal ini prajurit di satuan bawah ketika memiliki masalah psikologis dan mengalami kesulitan untuk mengatasinya, dapat menghubungi kami,” tutupnya.

Penyuluhan dihadiri oleh masing-masing perwakilan dari Korem 143/Halu Oleo, Satuan Kodim jajaran Korem 143/Halu Oleo dan Yonif 725/Woroagi. Kegiatan ini juga dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan Covid 19. (4/12/2020).

News Feed