oleh

Gegana Sat Brimob Polda Banten, Sterilisasi Gereja, Pastikan Amankan Natal 2021

Berita Polda Banten – Jelang Natal 2021, Tim Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Banten lakukan sterelisasi di Gereja-gereja di wilayah hukum Polda Banten pada Jumat (24/12).

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho mengatakan bahwa sterilisasi tersebut untuk memberikan rasa keamanan dan kenyamanan bagi umat yang akan melakukan ibadat Natal,“Ini bentuk pemenuhan Standar Operasioal Prosedur (SOP) sebagaimana yang harus dilaksanakan oleh Brimob Banten untuk memberikan rasa aman, rasa nyaman kepada masyarakat yang akan melakukan ibadah malam Natal,” kata Dwi Yanto Nugroho.

Dwi Yanto Nugroho juga mengatakan bahwa sterilisasi dilakukan di beberapa gereja seperti di Gereja HKBP Ressort Serang, Gereja Kristen Pasundan Rangkasbitung, Gedung Santo Mekael Cilegon, Gereja HKBP dan GKI Citra Raya Tanggerang,“Personel Den Gegana Brimob Banten melakukan penyisiran terhadap setiap bagian ruang-ruang yang ada di gereja. Dengan menggunakan alat metal detector dan juga mirror detector untuk menyisir sudut-sudut gereja,” ucap Dwi Yanto Nugroho.

Lanjut Dwi Yanto Nugroho, “Sterilisasi dilakukan di dalam gereja dan lingkungan sekitarnya untuk memastikan tempat yang akan digunakan untuk beribadah aman dari benda yang mencurigakan serta menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.”

Dwi Yanto Nugroho mengatakan selain melakukan penyisiran, pihaknya juga menyiagakan sejumlah personel di setiap gereja dan Pos Pam,“Kami tidak hanya melakukan sterilisasi saja, kami juga melakukan pengamanan di Gereja dan Pos Pam untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Saat ini juga kan Kepolisian sedang menjalankan Operasi Maung Lilin 2021 untuk pengamanan Nataru,” terang Dwi Yanto Nugroho.

Terakhir Dwi Yanto Nugroho menghimbau masyarakat agar melakukan libur Nataru dirumah saja,“Kepada masyarakat yang ada di Banten agar melewati libur Nataru ini dirumah saja, karena Covid-19 saat ini masih menjadi pandemi disekitar kita, kalaupun harus keluar rumah patuhi prokes yang ada agar kita semua terhindar dari virus tersebut. Semoga semua berjalan lancar, aman dan kondusif serta kami juga mengimbau kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban,” tutup Dwi Yanto Nugroho.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh wakil komandan detasemen Gegana AKP Tomi Hadi S dan didampingi oleh para Dansubden berserta anggotanya yang di bagi menjadi beberapa unit sehingga bisa melaksanakan tugas Sterilisasi di wilkum Polda Banten secara bersamaan dan efisien. Selama proses sterilisasi tidak ditemukan adanya benda yang mencurigakan,”(Bidhumas)