oleh

Jelang Idul Adha, Polsek Purwakarta Monitoring Penjualan Hewan Qurban

Baraknews Polsek Purwakarta Polres Cilegon Polda Banten – Jelang Idul Adha Polsek Purwakarta Polres Cilegon Polda Banten melalui para Bhabinkamtibmas kerap melakukan monitoring hewan qurban di pedagang ataupun di peternak, hal ini dalakukan dalam rangka mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Seperti yang di lakukan oleh Bhabinkamtibmas Kel. Kotabumi Brigadir Agustoni melaksanakan kegiataan pemantauan hewan qurban dengan mendatangi secara door to door serta mendatakan peternak dan pedagang yang berada Jl. Samang Raya Komplek KS Kel. Kotabumi, Kec. Purwakarta Kota Cilegon, Selasa (05/07/2022) pukul : 14.30 Wib.

“Giat sambang kepada warga binaan yang berprofesi sebagai peternak dan pedagang hewan qurban baik jumlah kecil maupun yang skala besar dengan sasaran hewan ternak Sapi, Kerbau, Kambing dan Domba” ucap Brigadir Agustoni.

Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Sigit Haryono melalui Kapolsek Purwakarta Polres Cilegon Polda Banten IPTU Atep Mulyana menjelaskan, menjelang idul adha pengecekan hewan qurban dan hewan ternak disejumlah tempat dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK), khususnya di wilayah hukum Polsek Purwakarta Polres Cilegon.

“Menjelang Hari raya qurban kami rutin melakukan pengecekan ketempat pedagang hewan qurban dan ketempat peternakan warga, hasil kegiatan tersebut sampai saat ini tidak ditemukan tanda-tanda hewan ternak yang terjangkit virus PMK,” ungkap Iptu Atep.

Meski begitu, lanjut Kapolsek, petugas tetap memberikan pengarahan dan sosialisasi terkait bahaya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak kepada masyarakat.

“Kami mengimbau masyarakat agar tetap tenang, namun tetap waspadai wabah PMK dengan tindakan pencegahan dini, seperti agar slektif dan membatasi penerimaan ternak dari wilayah lain, memastikan kebersihan kandang dan pastikan hewan dalam keadaan sehat,” pungkasnya.