oleh

Personel Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan sosialisasi tentang pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2022

Baraknews Polres Ciamis – Personel Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan sosialisasi tentang pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2022. Sosialisasi ini disampaikan kepada para pengguna jalan di kawasan simpang empat Graha dan Pasar Manis Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (1/10/2022).

Kegiatan ini dibawah pimpinan Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Asep Iman Hermawan, SH. Sosialisasi ini dilaksanakan oleh jajaran personel Satuan Lalu Lintas Unit Kamsel dan Turjawali.

Sosialisasi yang dilakukan berupa memberikan leaflet kepada pengguna jalan tentang pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2022. Selain itu juga disampaikan tentang 7 hal yang menjadi prioritas penindakan petugas dilapangan.

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Asep Iman Hermawan, SH., mengatakan, sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat tahu Kepolisian akan menggelar Operasi Zebra Lodaya 2022. Selain itu juga guna mempersiapkan perlengkapan ketika berkendara di jalan raya, baik surat kendaraan, dan lain sebagainya.

“Kami sampaikan pada tanggal 3 Oktober sampai 16 Oktober 2022, Kepolisian khususnya di wilayah Polda Jabar akan melaksanakan Operasi Zebra Lodaya 2022. Operasi ini dilakukan untuk menekan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas dan membudayakan disiplin berlalu lintas masyarakat,” kata AKP Asep Iman Hermawan.

Kasat Lantas Polres Ciamis menambahkan, selama pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2022 akan lebih mengedepankan upaya preventif dan preemtif dengan sisi humanis Polri. Ini semua bertujuan agar terciptanya Kamseltibcar Lantas di wilayah hukum Polres Ciamis.

“Pelakasanaan operasi Zebra Lodaya 2022 tidak berorientasi pada penegakan hukum dengan tilang namun berupa tindakan kepolisian preemtif dan preventif yang humanis,” katanya.

Adapun prioritas penindakan Operasi Zebra Lodaya 2022 yakni menggunakan ponsel bagi pengendara, pengendara masih di bawah umur, berboncengan lebih dari 1 orang, tidak menggunakan helm SNI, Tidak menggunakan sabuk pengaman, meminum alkohol saat berkendara, dan melawan arus/melebihi batas kecepatan.

*HUMAS POLRES CIAMIS*