Husni Hadiri Musda Gerakan Pramuka SUMUT

BERITA MEDAN – Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH selaku Ketua Majelis Pembina Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan diwakili Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan selaku Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Kota Medan menghadiri Musyawarah Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara di Kantor UPT Pertanian Jalan AH Nasution Medan, Jumat (24/5). Musda ini dibuka langsung Gubsu Edy Rahmayadi selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Sumatera Utara dan akan berlangsung 24 s.d 26 Mei 2019.

Musda Gerakan Pramuka Sumut bertujuan agar memberikan informasi hasil pelaksanaan program kerja dan laporan pertanggungjawaban kwartir daerah Gerakan Pramuka Sumatera utara masa bakti 2011-2016 serta pemilihan Ketua Kwarda Sumatera Utara, untuk masa bakti 2019-2024 dan menyusun rencana dan program kerja untuk masa 5 tahun mendatang.

Dalam sambutannya, Edy berpesan agar segera dilakukan pembenahan terhadap organisasi pramuka di daerah Sumatera Utara ini. Menurutnya, Pramuka sudah mulai layu dan hampir mati. Karena itu perlu penguatan kembali arti Pramuka itu sendiri.

“Saya harap Pengurus Kwartir Daerah Pramuka Sumatera Utara yang nantinya dilantik ini untuk segera membenahi organisasi Pramuka. Lakukan kordinasi yang kuat dengan TNI-POLRI. Karena kalau habis angkatan itu, yang ikut berperang ya Pramuka. Artinya Pramuka bukan cuma organisasi seremonial belaka, tetapi Pramuka memiliki andil yang kuat dalam mempertahankan negara ini juga. Bukan seperti selama ini, Pramuka layu dan tidak berarti apa-apa. Saya mau Pramuka ini nantinya juga diajarkan latihan tembak menembak. Agar negara ini semakin kuat,” ucap Edy.

Selanjutnya Edy juga meminta agar kurikulum Pramuka segera dikembalikan, sehingga tuntutan profesionalisme Pramuka tercipta. “Pramuka merupakan pendidikan non formal untuk para pemuda. Semua diatur dari mulai siaga, penggalang, penegak dan pembina. Bukan hanya itu saja, didalamnya terdapat pembelajaran kedisiplinan dan tanggungjawab yang besar,” tegas Edy.

Diakhir sambutannya, Edy menjelaskan dengan Pramuka akan melahirkan pemimpin yang ikhlas dan jujur. Karena didalam Pramuka kepemimpinan yang jujur dan juga ikhlas yang ditonjolkan yang menjadi contoh bagi generasi muda apapun profesinya.

“Saya yakin jika pemimpin lahir dari Pramuka, pasti akan menjadi pemimpin yang ikhlas dan jujur. Karena Pramuka mengajarkan hal itu”, pungkas Edy.

Sementara itu, Andalan Kwartir Nasional mewakili Ketua Kwartir Nasional Ir Jupri Efendi mengatakan, Kwartir Nasional sangat berbahagia dan berbangga hati terhadap pelaksanaan Musyararah Daerah (Musda) Pramuka yang telah ditunggu sedemikian lama. “Kami yakin ke depannya Gerakan Pramuka Sumut akan semakin maju, karena yang menjadi Kamabida-nya (Ketua Majelis Pembimbing Daerah) Gubernur Sumut Edy Rahmayadi,” ujar Jupri.

Usai acara, Ketua Kwarcab Kota Medan M Husni mengatakan pelaksanaan Musda sebagai forum tertinggi dalam pengambilan keputusan dan penentuan kebijakan untuk memilih dan menetapkan kepengurusan yang baru. Selain itu juga sebagai ajang pengembangan Pramuka penegak dan Pandega di tingkat Kwarcab kedepan serta merajut silaturahmi sesama kwarcab se-Sumut.

“Gerakan Pramuka dituntut menjadi wadah berhimpunnya generasi muda dalam pembentukan karakter, integritas serta moralitas yang berlandaskan Pancasila, UUD 45 dan Syariat Islam pada umumnya di Provinsi Sumut umumnya dan di Kota Medan pada khususnya”, kata Husni.

Lanjut Husni,Pramuka dituntut berperan aktif dalam membina karakter generasi muda. Apalagi dimasa sekarang, generasi muda cenderung dipengaruhi oleh dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengaruh narkoba dan kenakalan remaja.

“Saat ini generasi muda terlalu mudah terjerumus ke lembah hitam, sehingga banyak generasi muda yang menggunakan narkoba dan seks bebas dalam menghabiskan masa remajanya. Padahal mereka tidak tau, dengan sekali saja menggunakan barang haram tersebut, seumur hidup mereka akan merasa rugi. Untuk saya berharap melalui pramuka ini dapat membantu masyarakat khususnya remaja dalam memberikan informasi sekaligus bimbingan kepada remaja lainnya di lingkungan masing-masing,” lanjut Husni.

Kemudian Husni berharap pelaksanaan Musda berjalan baik dan lancar serta terpilih Ketua Kwarda yang dapat mengayomi serta membesarkan nama Pramuka Sumut hingga Nasional dan international. “Saya harap pemimpin yang baru nantinya dapat membawa perubahan serta mengayomi Pramuka Sumut sehingga mampu bersaing dikancah Nasional dan international,” harap Husni. (EMS/*Sugandhi Siagian) No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten

Komentar