Jelang Idul Adha 1442 H/2021 M Polda Banten Ikuti Rakor bersama Menko Marves

Berita Polda Banten – Polda Banten mengikuti Rapat Koordinasi menjelang Idul Adha 1442 H/2021 M di Masa Pemberlakuan PPKM Darurat melalui aplikasi Zoom Meeting di ruang Vicon Mapolda Banten, Kamis (15/07/2021).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A.

Turut hadir dalam rapat tersebut ialah Menhub, Menag, Kepala BNPB Kapolda, Pangdam yang berada di wilayah Jawa dan Bali, serta Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto, S.H., M.H., M.B.A, Wakapolda Banten, dan sejumlah PJU Polda Banten.

Saat ditemui Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto mengatakan rapat koordinasi tersebut dalam rangka membahas pelaksanaan Idul Adha 1442 H/2021 M di Masa Pemberlakuan PPKM Darurat.

“Tadi Kementerian Agama atau Kemenag telah menginfokan ketentuan pelaksanaan perayaan Idul Adha 2021 di tengah pandemi. Ketentuan tersebut tertulis pada SE Nomor 15 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Penyelenggaraan Shalat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban 20,” Kata Rudy Heriyanto.

Adapun isi mengenai kebijakan Kemenag yaitu Shalat Hari
Raya Idul Adha 1442 H/2021 M di lapangan terbuka atau di masjid/mushalla pada daerah Zona Merah dan Orange DITIADAKAN, untuk Kegiatan Takbir Keliling dilarang untuk mengantisipasi keramaian atau kerumunan, Kegiatan Takbiran dapat disiarkan secara virtual dari masjid dan mushala sesuai ketersediaan perangkat telekomunikasi di masjid dan mushalla, untuk Penyembelihan hewan qurban berlangsung dalam waktu tiga hari, tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah untuk menghindari kerumunan warga di lokasi pelaksanaan qurban, Pemotongan hewan qurban dilakukan di Rumah Pemotongan
Hewan Ruminasia {RPH-R). Dalam
hal keterbatasan jumlah dan kapasitas RPH-R pemotongan hewan qurban dapat dilakukan di
Luar RPH-R dengan protokol
kesehatan yang ketat.

Kegiatan pemotongan hewan qurban hanya boleh dilakukan oleh
panitia pemotongan hewan qurban dan disaksikan oleh orang yang
berkurban, Pendistribusian daging qurban dilakukan langsung oleh
panitia kepada warga di tempat
tinggal masing-masing dengan
meminimalkan kontak fisik satu sama lain.

Kapolda Banten sampaikan untuk di wilayah Hukum Polda Banten akan membatasi jumlah masyarakat melalui titik Penyekatan baik di jalan tol, jalan arteri, maupun di Pelabuhan

“Kami akan Koordinasi dengan Pihak Pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni untuk meniadakan tiket online, menutup sebagian dermaga, serta membatasi yang menyebrang untuk yang Boleh menyebrang kendaraan Logistik, ” kata Rudy Heriyanto.

Dalam Rapat Kordinasi ini Menko Marves) Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A. mengapresiasi inovasi Kapolda Banten yang membuka Gerai Vaksin di dalam Kapal Ferry

“Alhamdulillah Vaksinasi diatas Kapal Ferry ini mendapat apresiasi dari pak Luhut, vaksinasi diatas kapal ferry untuk memberikan kemudahan terhadap masyarakat yang belum divaksin dan akan menyebrang menggunakan kapal ferry, terutama untuk supir angkutan logistik, para awak kapal serta masyarakat lainnya yang berada di atas kapal,”ujar Rudy Heriyanto

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi berharap semoga masa pandemi ini segera cepat berlalu, hingga saat ini Pemerintah, TNI dan Polri terus melalukan upaya dalam menekan angka penularan virus Covid-19.

“Menjelang Idul Adha 1442 H/2021 M di Masa Pemberlakuan PPKM Darurat Agar masyarakat banten mengikuti himbauan pemerintah, disiplin Protokol Kesehatan, kurangi mobilitas berpergian, serta terapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penularan virus Covid-19.” ujar Kabid Humas. (drs/Bidhumas) No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten