oleh

Bupati OKU Selatan Ikut Vidcon Rakor Kesiapan Penanganan Karhutla Provinsi Sumsel Tahun 2020

 

Berita OKU Selatan —-Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com. ikuti Video Conference (Vidcon) Rapat Koordinasi Kesiapan Penanganan Karhutla Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2020 di Aula Vidcon Mapolres OKU Selatan, Rabu (17/06/2020).

Turut hadir mengikuti Vidcon ini Kapolres OKU Selatan, Anggota DPRD, Dandim, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Kasat Pol PP, Kepala PelaksanaBPBD, Kepala Dinas Pertanian, dan Kepala Dinas Kesehatan.

Bertempat di Gedung Catur Prasetya Mapolda Sumsel, Rapat Koordinasi ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri S,M.M didampingi Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan S.I.P. ,M.Hum dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Ir.Mawardi Yahya.

Dalam kesempatan ini Kapolda Sumsel menyampaikan bahwasanya Rapat ini merupakan  tindaklajut dari Surat Gubernur  Sumsel tentang Pencegahan Karhutla dengan mengundang Stakeholder yang ada di Provinsi Sumsel, dan diikuti seluruh Forkopimda Kabupaten/Kota  Se Sumsel. Rapat ini juga digelar guna menyamakan persepsi dan langkah-langkah dalam usaha pencegahan Karhutla.

“Rencananya nanti kita akan melakukan gelar pasukan yang akan dilakukan serentak di seluruh Kabupaten/Kota dan Provinsi Sumsel untuk mengecek kesiapan personil Satgas Karhutla yang ada di jajaran propinsi sumsel,” ujar Kapolda.

Kapolda juga menyampaikan fokus satgas karhutla 2020 di Sumatera Selatan pencegahana melibatkan semua stake holder utamanya masyarakat, jika ada kebakaaran kita padamkan.

Wilayah Sumsel ada 10 daerah kabupaten/kota yang rentah kahutla di antaranya kota Palembang, kabupaten OI, OI, OKU, Banyuasin, dan Musi Banyuasin serta Muratara.

Sedangkan Pangdam ll/Sriwijaya Mayjen Irwan mengatakan,” seluruh jajarannya telah siap antisipasi kebakaran hutan dan lahan seperti Babinsa di desa desa Koramil dan Kodim, mereka telah siap di wilayah tugasnya masing masing.”Terangnya.

Dalam rakor ini, Wakil Gubernur Sumsel menyampaikan bahwa Karhutla merupakan ancaman yang dapat mengganggu ekosistem lingkungan dan kehidupan manusia. Apalagi Karhutla merupakan bencana tahunan yang terjadi di sebagian wilayah Indonesia.

Kita sebagai pelayan masyarakat harus berkomitmen serius dalam mengatasi karhutla di Sumsel, dan Pemprov Sumsel akan menyiapkan segala sesuatunya baik dalam pendanaan maupun dalam pencegahan karhutla di Sumsel,” Kata Wagub.

Usai mengikuti Vidcon Pencegahan Karhutla, Terkait hal ini Bupati OKU Selatan menyampaikan kepada semua pihak untuk bersinergi dalam mengantisipasi potensi Karhutla di Kabupaten OKU Selatan khusunya, yaitu pihak Kodim 0403 OKU beserta Jajaran, Polres OKU Selatan beserta Jajaran, Unsur Pemerintah beserta Jajaran serta elemen di tingkat masyarakat seperti Kelompok Peduli Lingkungan dan Kelompok-kelompok Tani yang peduli dengan lingkungannya.(hanif)

Dikutip : Pemkab OKU Selatan

Komentar

News Feed