oleh

Disperindagkop Muratara Lakukan Sidak Pasar

Berita MURATARA – Menjelang H-7 hari raya idul Fitri , Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) provinsi Sumatera Selatan, melakukan sidak di Pasar Lawang Agung dan sejumlah Indomaret yang berada di Muara Rupit Selasa 4/05/2021.

Sidak yang dipimpin oleh Kadis Perindagkop Samsu Anwar bersama sejumlah kabid dan staf yang membidangi, Kapolres Muratara, dinas kesehatan, dinas ketahanan pangan mendatangi satu-persatu lapak pedagang yang ada di Pasar Lawang Agung kemudian berdialog sekaligus mendata harga-harga kebutuhan pokok utamanya bumbu yang memicu inflasi, seperti cabai, bawang merah dan bawah putih.

“Kami sudah melakukan pengecekan harga sejumlah barang kebutuhan pokok saat ini memang masih stabil kendati ada beberapa yang memgalami kenaikan seperti cabe, bawang merah dan bawang putih,” ucap Samsu Anwar.

Sidak ini bertujuan untuk memastikan stabilitas harga, ketersediaan pangan dan keamanan pangan di sejumlah pasar Kabupaten Muratara.

Kepala Diskoperindag dan UKM Muratara , Samsu Anwar mengatakan dalam sidak dipasar Lawang Agung tidak ditemukan barang yang mengandung bahan berbahaya. Kemudian pihaknya juga mengambil beberapa sampel makanan seperti cendol, cincau dan cendil memastikan apakah ada mengandung zat Pewarna berbahaya.

“ untuk saat ini hasil sidak dipasar Lawang Agung barang barang aman dan harga masih stabil”, jelasnya

Dalam sidak ini juga ditemukan adanya kenaikan harga cabe dan bawang yang selisih hanya seribu dari harga normal.

“Dalam kenaikan harga cabe dan bawang ada kenaikan sedikit, naik seribu dari harga pasarannya”, kata kadis Perindagkop.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk saat ini ketersediaan pangan di Kabupaten cukup dan harga sembako belum ada ditemukan ada lonjakan yang signifikan.

“Pagi hari ini mengadakan ketersediaan pangan dan harga. Kami temukan persediaan cukup dan harga belum lonjakan. Ada beberapa kenaikan seperti harga telor sebesar Rp 200-500 perkilogram, cabe , kita pantau terus, agar ketersediaan cukup,” jelasnya.

Selanjutnya diteruskan dengan sidak ke Indomaret diwilayah Muara Rupit, hasil sidak tidak ditemukan ada bahan makanan yang berbahaya ataupun kadaluaesa.

”Untuk toko Indomaret bahan makanannya semua aman,tidak ada barang yang mengandung bahan berbahaya”, tuturnya.

Jurnalis David

News Feed