oleh

Kabar Gembira Untuk Warga Muratara Pembangunan 5.000 Lampu PJU Tenaga Surya

Berita Muratara (Sumsel) – Sebanyak 5.000 Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) akan dibangun di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara)  provinsi Sumatra Selatan.

Ribuan lampu tersebut akan dipasang pada titik jalan utama dan kawasan pasilitas umum setiap Desa di Kabupaten Bumi Beselang Serundingan.

Direktur Utama CV Sapa Koja, Remadani Oktaviani menyampaikan bahwa bantuan hibah lampu listrik bertenaga surya merupakan bantuan PT Imza Rizky Jaya dari Dubai.

Ia mengaku jika program lampu jalan tersebut masuk ke Kabupaten Muratara karena inisiatif politisi Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus anggota DPRD Provinsi Sumsel Toyeb Rakembang.

“Bantuan ini mengunakan anggaran hibah dari dubai, untuk program indonesia terang, untuk Muratara mendapatkan 5.000 lampu,” kata Ramadani.

Ia menjelaskan, jika ribuan lampu tersebut akan dibangun rata di seluruh Desa di Muratara, dengan titik fokus fasilitas umum dan daerah pelosok yang belum tersalur penerangan.

“Nanti seluruh desa akan menerima lampu ini, kita akan berkoordinasi dengan kepala desa untuk titik pusat pendirian lampu, namun fokusnya fasilitas umum dan daerah pelosok yang belum ada penerangan,” jelasnya.

Proses pembangunan lampu tenaga surya itu sendiri sudah dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama yang dilakukan Bupati Muratara Syarif Hidayat, Selasa (24/08/2020) di Desa Batu Gajah Baru.

Dalam acara peletakan batu pertama itu Bupati Muratara Syarif Hidayat mengaku bantuan PJU-TS sangat diperlukan warga Muratara yang berada di daerah pelosok.

Ia mengaku meskipun saat ini seluruh Desa di Muratara sudah dimasuki aliran listrik, namun masih ada daerah pelosok desa yang belum tersalur aliran listrik dan PJU-TS dinilai akan membantu.

“Saat ini seluruh desa sudah tersalur aliran listrik PLN, namun masih ada daerah pelosok desa yang belum tersalur, PJU-TS akan membantu,” kata Syarif.

Untuk itu ia mewakili masyarakat Muratara menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah dibantu ribuan lampu jalan tenaga surya.

Sementara itu, Toyeb Rakembang, mengaku jika program itu ditarik ke Muratara untuk membantu mensuport penerangan daerah pelosok di pedesaan di Muratara.

Ia mengatakan saat ini masih ada daerah pelosok Desa di Muratara yang gelap gulita saat malam hari, untuk membantu masyarakat itulah ia berupaya agar bantuan lampu tenaga surya dapat masuk ke Muratara.

“Harapan kita ini semua dapat membantu warga kita muratara, khusunya yang berada di pelosok, agar tidak kegelapan lagi,” kata ia.

Anggota DPRD Sumsel ini berharap lampu jalan itu nanti dapat dirawat dengan baik, sehingga nantinya dapat bermanfaat untuk kedepannya.

Jurnalis      :  David

News Feed