oleh

Mahasiswi UNP Padang Asal Karang Dapo “Ayo Kita Lestarikan Budaya Membaca

Berita Kab.MURATARA– 25.Mei 2021, Sudahkah Anda membaca hari ini? Buku apa yang Anda baca? Kita sering mendengar kalimat membaca pangkal pandai. Sudahkah membaca menjadi rutinitas harian kita? Kalau kita tengok para pendiri bangsa Indonesia, mereka adalah orang-orang yang gemar membaca.

Bung Karno, Bung hatta, Sutan Sjahrir mereka begitu dekt dengan buku. Kedekatan dengan buku membuat mereka berwawasan luas dan berpikiran besar. Kita tidak mungkin berdiskusi tanpa membaca dulu sebelumnya. Dengan membaca perdebatan dalam diskusi menjadi lebih bermutu dan tetap relevan dibaca.
Membaca adalah suatu aktivitas agar dapat memperoleh informasi yang disampaikan oleh bahan bacaan.

Ada pun arti lain dari membaca buku merupakan hiburan bagi orang yang menyendiri, munajat bagi jiwa, dialog bagi orang yang suka mengobrol, kenikmatan bagi orang yang merenung dan pelita bagi yang berjalan ditengah malam. Kenapa kita diharuskan untuk membaca ? Karena buku itu selalu mengandung faedah, tamsil kebijaksanaan, cerita dan hikayat yang sangat unik. Bagi teman-teman yang belum suka membaca atau belum tahu sama sekali apa manfaat membaca itu. bahwasanya orang yang banyak membaca maka ia akan memperoleh Ilmu Pengetahuan dan wawasan yang banyak dan bagi orang yang tidak suka membaca maka ia akan rugi dalam kehidupannya.

Membaca mempunyai teknik sehingga apa yang kita baca tidak sia-sia dan mendapatkan hasil dari apa yang kita baca, maka latihlah diri kita untuk selalu betah membaca dengan mengerjakan kegiatan pikir, jika kita menggunakan kegiatan pikir dan tidak membaca maka akan menimbulkan sakit kepala kalau tidak membaca dan melatih diri untuk membaca yakinkan pada diri sendiri bahwa membaca itu memperoleh keuntungan dari membaca. Membaca itu menyenangkan, coba deh teman-teman rasakan apa yang kalian rasakan setelah membaca, apakah rasa sedih atau senang.

Seseungguhhnya siapa saja yang pernah membaca tentu merasakan perubahan setelah membaca, ada individu yang merasa senang dan bahagia dan bertambah pengetahuan setelah membaca. Mau dalam keadaan senang dan bahagia, cobalah membaca harena membaca itu menyenangkan.
Selain itu informasi juga bisa kita dapatkan di perpustakaan. Melalui buku-buku yang ada di perpustakaan, menjadikan informasi sebagai sumber kekuatan. Karena salah satu fungsi dari perustakaan adalah sebagai fungsi informatif. Di perpustakaan juga kita bisa belajar.

Ada pertarungan dialektika di sana. Lewat buku-buku kita membangun karakter. Buku kerap kita anggap “tidak ramah”. Kita malas membeli buku karena harganya kelewat mahal. Oleh sebab itu perpustakaan menjadi solusi bagi mereka yang haus akan ilmu pengetahuan. Sudah saatnya kita mulai melestarikan budaya membaca. Hari ini banyak cara dikembangkan agar membaca menjadi sesuatu yang menyenangkan. Misalnya, lewat lagu yang membangkitkan gairah untuk membaca.

Yang disusun oleh salah satu Mahasiswi Asal:
Karang Dapo
Kabupaten Musi Rawas Utara. (Muratara)
provinsi Sumatera Selatan,
Afriani Indah Rupika Yn
Prodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi UNP Padang,
email : indahrupika0@gmail.com

Jurnalis David

News Feed