oleh

Muratara Tonjolkan Songket Batik Teratai Di Ajang Pameran Sriwijaya Expo

Berita PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), mengelar ajang pameran sriwijaya expo di setiap 17 kabupaten kota yang ada di Sumsel menonjolkan Kearifan lokal dalam pameran khas masing – masing di setiap Daerah

Acara digelar di Dining hall jaka baring sport center dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru malalui virtual, Jum’at malam 2/7/2021. pukul 19: 00 wib

Wakil Bupati Muratara H Innayatullah merasa bangga Sumsel kembali dapat melaksanakan Sriwijaya Exspo setiap tahunya dengan tujuan menarik peminat para investor datang ke Sumatera Selatan agar mau berinvestasi khusus nya di Muratara.

Dalam hal ini Wabup Muratara, H inayatullah menjelaskanya, sesuai dengan yang diharapkan dalam kegiatan Sriwijaya Expo, maka agenda ini menjadi kesempatan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Muratara menampilkan berbagai produk Inovasi binaan Dekranasda.
Dilanjutkanya, dengan telah mengambil bagian dan menampilkan produk makanan/pangan olahan khas makanan dan Songket Batik Teratai yang diproduksi UMKM Kabupaten Muratara.
” Adapun aneka kreasi UMKM seperti produk ikan pedo, Manisan Tebu, Sirup Jeru dan songket batik teratai khas Muratara serta produklainya. Yang dimanfaatkan ajang ini semaksimal mungkin untuk mengenalkan segala macam potensi unggulan Muratara guna memikat lebih banyak investor ke Muratara. “ucap wabup

Kegiatan Sriwijaya Expo dimana setiap kabupaten kota di Sumsel binaan disperidakop yang pamerannya seperti makanan , batik dan ayaman tradisional untuk dikenalkan kepada impestor muapun masyarakat sehingga menjadi kebanggaan kabupaten kota itu tersendiri
Untuk menumbuh perekonomian UMKM masyarakat yang ada di Desa maupun dikota dalam progrom ekonomi kretif dan pengrajinan yang menjadi khas daerah itu.

Kepala Dinas Disperindakop Provinsi Sumtra Selatan , Ir Hj Erlina Reza menyampaikan, Tujuan dilaksanakan Sriwijaya Expo untuk memamerkan pembangunan pemerinta provinsi sumsel BUMN ,BUMD dan instansi terkait lainnya , mepromosi produk – produk unggulan jasa kecil- kecilan pengrajinan serta produk – produk IKM ,binaan BUMN dan BUMD , memberikan hiburan pada masyarakat yang bersipat edukatif serta penampilan katrampilan Festival kompetisi dengan konsep
” Mendorong transaksi ekonomi selama berlangsungnya kegiatan ini mulai dari persiaapan sampai dengan penyelenggaraan , untuk mendukung pemulihan ekonomi di sumsel ,” kata Erlina.

Menurut Erlina Reza Expo adalah pemeran multi produk,hasil produkdsi dan pelatihan pengrajin komunitas binaan dinas perindustrian provinsi sumsel , Festival Kopi Nusantara dan kluner ,tornamen pis ball
‘ Kegiatan ini melibatkan seluruh instansi pemerintahan kabupaten kota yang ada di provinsi sumsel “terang nya.

H. Herman Deru Gubernur Sumatra Selatan mengatakan, pada kesempatan ini dirinya mengucapkan terimah kasih kepada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Selatan dan panitia yang telah mampuh menyelenggarakan Sriwijaya Exspo tingkat Sumsel walaupun dalam pandemi covid19.

Ditsampaikanya, dengan adanya kegiatan tahunan Sriwijaya Exspo tentu bukan hanya mempersiapkan ruang Singah tempat mampir namun suatu kebagaan bagi daerah yang telah dapat berinovasi dengan kearipan lokal.
“Sumsel ini memiliki Sumber Daya Alam yang kaya. Dengan banyaknya inovasi yang telah dilakukan dapat menarik para Investor luar untuk berinpestasi ke Sumatera Selatan,” katanya.

Selain itu, di peringatan Sriwijaya Exspo ini kita dapat memunjukan bahwa Sumsel bisa berinovasi dan tidak kalah dengan daerah lain.
Diesempatan itu juga, Menyampaikan Ucupan Terimakasih Kepada Semua Pihak Atas Kerjasamanya Untuk Penyelenggaraan Kegiatan Ini Dan Kepada Ketua Dekranasda Sumatera Selatan serta Jajarannya. Juga yang telah ikut berkontribusi dalam pembangunan di Provinsi Sumsel, Kabupaten/Kota, BUMN, BNN, BUMD, dan BUMS Serra Seluruh intansi yang telah berpartisifasi sebagai peserta dan sponsor. (*)

News Feed