oleh

MusrenbangDes TA 2022, PemDes Lesung Batu Pacu Pemulihan Ekonomi

Berita Kab.MURATARA – Kepala desa Lesung Batu Kecamatan Rawas ulu kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) provinsi Sumatera Selatan, prioritas program pembangunan tahun 2022 di Desanya dengan menitikberatkan pada upaya pemulihan ekonomi.

Hal itu disampaikan kepala Desa Sobri Marzuki dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes) untuk program tahun 2022, yang dipusatkan di kantor Desa setempat, Kamis 30/09/2021.

Kegiatan tersebut, dihadiri camat Rawas ulu M Yusnadi, Sekdis PMD Muratara, pendamping kecamatan, PLD, BPD, kades berserta perangkatnya dan para tamu undangan.

Sobri mengatakan, program pembangunan 2022 memiliki tantangan tersendiri karena diprediksi, masa tersebut daerah tengah berada dalam masa recovery akibat pandemi Covid-19. Di antaranya adalah terkait anggaran yang masih terbatas karena dana transfer dari pusat juga berkurang.
“Anggaran yang terbatas tersebut harus disiasati dengan membuat skala prioritas sejak sekarang. Salah satunya, PemDes harus membuat rencana pembangunan yang fokus dan berkelanjutan. Karena dampak pandemi ini semua anggaran menjadi berkurang, maka sebuah program yang belum selesai di tahun berjalan bisa dilanjutkan di tahun berikutnya untuk hasil maksimal,” urai Sobri.

Kades Sobri juga mengatakan Di prioritaskan anggaran DD tahun 2022 program pemulihan ekonomi warga dan usulan masyarakat tetap di ajukan ke musrembang kecamatan nantinya.

Dalam hal ini, camat Rawas ulu M Yusnadi, memberikan arahan kepada PemDes Lesung Batu Supaya menggerakkan ekonomi warga di Desa lesung batu sesuai dengan kebutuhan warga nya dan benar benar manfaat nya.

”Secara khusus PemDes dan warga harus fokus pada upaya pemulihan ekonomi, walaupun secara perlahan” jelasnya.

Camat juga menyampaikan pesan bupati Muratara, agar di setiap desa di wilayah kabupaten Muratara mempunyai sumber air bersih dan camat juga menghimbau kepada bidan Desa untuk mendata masyarakat khususnya desa lesung batu yang belum di vaksinasi agar dapat mensukseskan program pemerintah ini.

Jurnalis David

News Feed