oleh

Pemdes Sukomoro Gelar Musrembang Tingkat Desa TA 2022

Berita Kab.MURATARA – Pemerintah Desa Sukomoro Kecamatan Rawas ulu kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) provinsi Sumatera Selatan, menggelar Musyawarah rencana pembangunan desa (musrembangDes) tingkat Desa tahun anggaran 2022.

Prioritas program diploma kegiatan tersebut, diutamakan pemberdayaan Masyarakat untuk tahun 2022 di Desanya dengan menitik beratkan pada upaya Pemberdayaan perekonomian masyarakat.

Hal itu disampaikan kepala Desa Sukomoro dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes) untuk program tahun 2022, yang dipusatkan di kantor Desa setempat, Jum’at, 1/10/2021.

Kegiatan tersebut, dihadiri camat Rawas ulu M Yusnadi, kasi PMD kecamatan, pendamping kecamatan, PLD, BPD, kades berserta perangkatnya dan para tamu undangan.

Fhatur Rahman mengatakan, program pembangunan 2022 memiliki tantangan tersendiri karena diprediksi, masa tersebut daerah tengah berada dalam masa recovery akibat pandemi Covid-19. Di antaranya adalah terkait anggaran yang masih terbatas karena dana transfer dari pusat juga berkurang.

t“Anggaran yang terbatas tersebut harus disiasati dengan membuat skala prioritas sejak sekarang di bidang Pemberdayaan masyarakat Salah satunya, PemDes harus membuat rencana pemberdayaan yang akan di fokuskan di tahun 2022, dan berkelanjutan. Karena dampak pandemi ini semua anggaran menjadi berkurang, maka sebuah program yang belum selesai di tahun berjalan bisa dilanjutkan di tahun berikutnya untuk hasil maksimal,” Fhatur Rahman.

Kades Fhatur Rahman, juga mengatakan Di prioritaskan anggaran DD tahun 2022 program Pemberdayaan guna untuk pemulihan ekonomi warga dan usulan masyarakat tetap di ajukan ke musrembang kecamatan nantinya,”Cetusnya

Dalam hal ini, camat Rawas ulu M Yusnadi, memberikan arahan kepada PemDes Sukomoro dan Masyarakat Supaya menggerakkan ekonomi warga di Desa Sukomorro sesuai dengan kebutuhan warga nya dan benar benar manfaat nya.

Lanjut camat,sebenarnya seluruh kegiatan itu milik kepala desa,namun kedepannya kita Robah polanya demi untuk masyarakat desa Sukomorro,cuma ada perbedaan yaitu utamakan dahulu keperluan dan usulan masyarakat agar dapat di prioritaskan di tahun kedepannya ini nanti Yang di sesuaikan Dengan Harapan Masyarakat ,”Tegas Yusnadi

”Secara khusus PemDes dan warga harus fokus pada upaya pemulihan ekonomi,dan Pemberdayaan walaupun secara perlahan” jelasnya.

Camat juga menyampaikan pesan bupati Muratara, agar di setiap desa di wilayah kabupaten Muratara mempunyai sumber air bersih dan apa pula yang di usulkan Masyarakat Seperti Jamban atau Sumur Boor umpamanya ya..ajukanla,camat juga menghimbau kepada bidan Desa untuk mendata masyarakat khususnya desa Soko morro yang belum di vaksinasi agar dapat mensukseskan program pemerintah ini,”Tutupnya.

Jurnalis: David

News Feed