oleh

TP PKK Muratara, Juara II Lomba Merangkai Sayur Di Pestival Rempah Provinsi Sumsel

Berita Palembang– TP PKK Kabuoaten Musi Rawas Utara (Muratara) provinsi Sumatera Selatan, juara II Lomba Merangkai Sayur dalam ajang Festival Rempah Provinsi Sumatera Selatan di Griya Agung Palembang Tahun 2020, Minggu (25/10/2020).

Pemerintah provinsi Sumsel menggelar acara Festival Rempah 2020 di Istana Gubernur Griya Agung Palembang. untuk mendongkrak ekonomi kerakyatan terutama bagi para petani rempah-rempah di Sumsel.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru dalam kesempatan itu mengatakan, Sumsel memiliki kekayaan akan tanaman rempah dan sangat pantas jika diangkat melalui ajang festival ini. Upaya ini sebagai langkah memperkenalkan beragam rempah yang bernilai.

“Sumsel menyimpan kekayaan alam berupa tanaman rempah, baik yang berfungsi sebagai penyedap rasa masakan atau juga berfungsi sebagai obat-obatan alami atau herbal, sehingga sudah sepatutnya diapresiasi,” katanya.

Gubernur menambahkan ke depan akan ada edukasi yang berkelanjutan terkait dengan jenis tanaman rempah termasuk manfaat yang dapat diambil dari tanaman rempah tersebut. Melalui festival ini masyarakat akan mengetahui apa saja jenis tanaman rempah yang dapat dimanfaatkan.

Gubernur Herman Deru mengulas, momen ini diharapkan akan dapat mengakat harkat dan martabat ekonomi petani kita di tengah pandemi. Sehingga diharapkan pihak yang terlibat harus aktif lagi terhadap rempah ini karena memiliki nilai komersial yang tinggi.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel Febrita Lustia HD menjelaskan rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau berasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil di makanan sebagai pengawet atau perisa dalam masakan.
Rempah biasanya dibedakan dengan tanaman lain yang digunakan untuk tujuan tanaman obat, sayuran, aroma atau perisa makanan.

Festival rempah bertujuan untuk mengenalkan keberadaan rempah hasil Bumi Sriwijaya. Selain itu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, membantu bangkitnya ekonomi kerakyatan dan UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

Semoga festival ini memberikan manfaat bagi daerah masing-masing juga kita semua,” tandasnya.

Adapun berbagai perlombaan yang diselenggarakan pada Festival Rempah Sumsel 2020 yaitu lomba stand terbaik kategori PKK, lomba stand terbaik kategori umum/organisasi wanita, dan lomba merangkai sayuran.
Untuk lomba stand terbaik kategori PKK, Kabupaten Empat Lawang berhasil meraih juara pertama, Kabupaten OKU Timur mendapatkan juara ke-dua, dan kota Prabumulih memperoleh juara ke-tiga.
Selanjutnya untuk lomba stand terbaik kategori umum/organisasi wanita, juara pertama diraih Bhayangkari Sumsel, juara ke-dua oleh Ikatan Istri dan Karyawati Bank Sumsel Babel, dan Persit Kartika Chandra Kirana PD II Sriwijaya meraih juara ke-tiga.

Sementara untuk lomba merangkai sayuran, Kota Lubuk Linggau berhasil mendapatkan juara pertama, sedangkan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) memperoleh juara ke-dua, dan Kabupaten OKU Timur meraih juara ke-tiga.

“Festival ini diikuti oleh TP PKK kabupaten dan kota di Sumsel, Organisasi wanita yang tergabung dalam BKOW, Dewan Rempah Indonesia dan perkumpulan jamu gendong, serta Stand UMKM dan kuliner,” tutup nya.

jurnalis: David/Tim

News Feed