oleh

Akibat Curah Hujan Meningkat, Tanah Longsor Kembali Melanda Kecamatan Caringin

KABUPATEN BOGOR – Belakangan ini bencana alam tanah longsor kerap melanda wilayah Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor, itu dikarenakan tingkat curah hujan yang meningkat, setelah beberapa hari lalu menimpa desa Ciherang Pondok kini bencana longsor terjadi kembali di desa Lemah duhur, Sabtu (08/10) menjelang magrib kemarin.

Dalam peristiwa tanah longsor yang terjadi di kp.tajur Rt. 04/07 desa Lemah Duhur Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor ini menyebabkan satu rumah mengalami rusak ringan dan puluhan rumah lainnya tertimbun lumpur, serta satu Mushola juga mengalami kerusakan.

Longsor berasal dari persawahan yang lokasinya berada tepat di atas pemukiman warga, Ujang Najmudin Kepala Desa Lemah Duhur dan dibantu oleh warga setempat turun langsung ke lokasi serta terjun untuk membantu membersihkan sisa – sisa lumpur di rumah warga yang terkena dampak longsor tersebut.

” Semalam begitu saya mendapat kabar ini saya langsung meninjau ke lokasi, untuk antisipasi takut terjadi longsor susulan saya minta agar warga yang rumahnya berada disekitar lokasi sementara ini untuk meninggalkan kediamannya, kita sediakan tempat untuk penampungan warga. Ada juga warga yang memilih sementara tinggal di rumah kerabat yang lokasinya lebih aman”.

Masih menurut Ujang bahwa, ” Warga desa Lemah Duhur tepatnya di Rt.04 / 07 meminta agar lahan tersebut jangan digunakan lagi untuk persawahan, mereka meminta supaya dijadikan lahan perkebunan saja. Dengan persawahan tanah menjadi gembur dan mudah terjadi longsor, karena beberapa tahun silam peristiwa longsor inipun pernah terjadi “, pungkasnya.

AKP. Fitra Zuanda beserta Babinmas dan Babinkabtimas serta dibantu oleh Saka Bhayangkara (Pramuka) tak ketinggalan ikut pula membersihakan sisa – sisa lumpur serta memberikan bantuan berupa Sembako bagi para korban.

” Saya menggerakkan anak – anak Pramuka binaan saya ini untuk membantu para korban longsor, agar bisa menumbuhkan rasa sosial serta kepedulian terhadap masyarakat, kita tanamkan rasa persatuan sejak dini supaya ke depannya mereka lebih peka terhadap bencana di sekitarnya “.

” Allhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan sampai saat ini kita belum bisa memprediksi berapa jumlah keseluruhan kerugian materiil yang diderita oleh warga. Kita juga menghimbau agar warga lebih waspada dan berhati – hati karena akhir – akhir ini curah hujan terus meningkat “, ujar AKP. Fitra Zuanda saat ditemui awak media di lokasi longsor. (Wie/Bule)

 

 

Komentar

News Feed