oleh

Asisten I Pemerintah Kota Bima Buka Sosialisasi Kebijakan, Aturan, Standar, Prosedur dan Manual Pemanfaatan Ruang Kecamatan Mpunda

KOTA BIMA, NTB – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bima menggelar sosialisasi kebijakan, aturan, prosedur, dan manual pemanfaatan ruang Kecamatan Mpunda Kota Bima di Hotel La Ila Kamis, 07 September 2017.

Sosialisasi dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Pemerintah Kota Bima Drs. M. Farid, M. Si dan diikuti 50 peserta terdiri dari sejumlah organisasi perangkat daerah, para lurah, lembaga pemberdayaan masyarakat, badan keswadayaan masyarakat, serta tokoh masyarakat Kecamatan Mpunda.

Drs. M. Farid M.Si dalam sambutannya mengapresiasi Dinas PUPR Kota Bima yang telah mengadakan sosialisaisi kebijakan, aturan, standar, prosedur dan manual pemanfaatan ruang Kecamatan Mpunda sebagai tindak lanjut dari program rehabilitasi dan rekonstruksi pasca banjir Kota Bima beberapa waktu yang lalu.

Dijelaskannya, Kecamatan Mpunda merupakan kawasan pusat pemerintahan Kota Bima sekaligus merupakan salah satu pusat aktivitas pendidikan dan perekonomian. Untuk itu penataan ruang di wilayah Kecamatan Mpunda sangat memerlukan keterlibatan masyarakat.

Sesuai undang-undang penataan ruang, masyarakat mempunyai hak mengetahui rencana tata ruang, menikmati pertambahan nilai ruang sebagai akibat penataan ruang, memperoleh penggantian yang layak atas kerugian yang timbul akibat pelaksanaan kegiatan pembangunan, serta mengajukan keberatan kepada pejabat berwenang terhadap pembangunan yang tidak sesuai dengan rancana tata ruang di wilayahnya.

Selain hak yang diterima, masyarakat juga berkewajiban untuk mentaati rencana tata ruang yang telah ditetapkan, mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan dalam persyaratan izin pemanfaatan ruang sekaligus memberikan akses terhadap kawasan yang oleh ketentuan peraturan perundang-undangan dinyatakan sebagai milik umum.

“Poin-poin ini hendaknya menjadi pegangan kita semua dalam penyusunan rencana penataan pemanfaatan ruang, dan para lurah wajib memberikan pencerahan kepada masyarakat ”. kata Asisten I.

Asisten I berharap kegiatan sosialisasi dapat memberikan pemahaman untuk optimalisasi pemanfaatan ruang di Kota Bima, khususnya di wilayah Kecamatan Mpunda.***

Plt. Kabag Humas & Protokol Setda Kota Bima, Syahrial Nuryadin, S.IP., MM)

 

Komentar

News Feed