oleh

Badan Informasi Geospasial ( BIG) Melakukan Penetapan Dan Pemetaan Batas Desa Di Kecamatan Caringin

KABUPATEN BOGOR – Badan Informasi Geospasial (BIG) batas desa melakukan penetapan dan penegasan batas desa untuk wilayah Kabupaten Bogor, hal ini dilakukan sebagai langkah awal untuk pembangunan, seperti halnya yang dilakukan BIG di Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor ini, Senin (23/10).

Dalam hal penetapan batas desa ini BIG adalah garda terdepan dan metodenya langsung diadopsi pada peraturan-peraturan Pemerintah untuk menetapkan batas desa yaitu dengan metode kartometris. Dikarenakan desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan maka hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Minarso selaku Sekcam Kecamatan Caringin menuturkan kepada Awak Media bahwa tujuan dari Penetapan dan penegasan batas Desa bertujuan untuk menciptakan tertib administrasi pemerintahan, memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu Desa yang memenuhi aspek teknis dan yuridis.
Dalam kesempatan ini Nurdin Pelaksana dari BIG mengatakan, ” Awalnya BIG punya program pemetaan tanah dan meminta DPMP untuk memfasilitasi, kita melibatkan pihak dari Kecamatan dan juga dari Pemerintahan Desa agar ikut serta mendukung dan melaksanakan program ini, kita juga akan terjun langsung ke lapangan agar semua dapat berjalan dengan baik dan benar “.

Sementara itu Taufik Hidayat Kasi Pembangunan Kecamatan Caringin juga menegaskan bahwa program pemetaan batas desa ini diharapakan ke depannya dapat membantu pihak desa agar lebih teratur dalam wilayahnya. ” Dikarenakan selama ini batas desa masih dilakukan secara manual maka dengan adanya program ini diharapkan dapat lebih mempermudah antar satu desa dengan desa lain dalam mengetahui batas -batasnya,karena seperti yang kita ketahui sampai saat ini desa masih menggunakan sungai, jalan dan patok dan bila terjadi bencana alam hal itu bisa menghilangkan batas -batas tersebut. Maka untuk itu program ini nantinya akan sangat membantu Pemerintahan Desa “. (Wie)

Komentar

News Feed