oleh

Bendungan Bird Club (BBC) Menggelar Lomba Burung Berkicau 2017

Bogor.Baraknews.com- Suatu perlombaan atau apapun jenisnya pasti ada juri yang menilai dan pasti juga ada standar penilaiannya, begitu pula dengan lomba kontes burung berkicau.

Minggu,09/04/17 pukul 13.00 WIB di Bendungan Ciasin-Ciawi Dinas  Perikanan.Terdengar sorak sorai dari peserta lomba burung berkicau serta nyaring suara dari bermacam jenis burung yang dilombakan.

Para Pecinta burung yang mulai memenuhi arena lomba, disamping harus berkonsentrasi membentuk “gacorannya” agar tampil bagus juga harus mengetahui apa saja Kriteria Dasar Penilaian Lomba Burung Berkicau.

Ada beberapa kriteria dasar yang harus diperhatikan diantaranya, irama dan lagu, volume dan suara serta fisik dan gaya.
Irama lagu yang baik adalah irama yang lengkap, membentuk keserasian bunyi yang harmonis,selain itu burung harus rajin melantunkan irama yang memukau selama mengikuti perlombaan.

Volume dan suara disini bukan menitikkan pada kerasnya atau powernya tetapi lebih menitikkan pada kualitas suara burung tersebut, seperti kemerduaannya tidak cempreng, bersih dan tidak parau serta bersuara lantang,  mengenai fisik dan gaya penilaian dilihat secara langsung, artinya saat mengikuti lomba burung harus dalam keadaan sehat dan tidak cacat, warna bulu burung harus baik dan sempurna.

Meskipun diguyur hujan deras tapi tidak menyurutkan antusias para pecinta burung ini untuk tetap melanjutkan perlombaan burung berkicau ini.

“Ada sekitar 7 jenis burung yang dilatih untuk hari ini, dengan jumlah 350 burung dari Ciawi, Cianjur, Sukabumi, Purwakarta dan Bogor Kota, dari 70 gantangan kita ambil 10-20 gantangan sebagai pemenang, untuk juara 1 tersedia uang tunai sebesar 10x lipat dari uang pendaftaran juga memperoleh trophy dan piagam”, tutur Tomi Hartono selaku Ketua Panitia.

Tomi juga mengatakan,” Acara puncak akan dilaksanakan pada tanggal 23 April 2017 berlokasi ditempat yang sama, dengan jenis burung Muray Batu, Love Bird, Ciblek Hijau, Pleci, Lakbet, Kenari,Kacer dan lain-lain.

Antusiasme peserta kontes hari ini bukan hanya berasal dari kota bogor saja melainkan dari seluruh jawa barat,seperti “Jay” salah satu peserta asal purwakarta yang juga turut serta mengikuti kontes kicau burung hari ini.

“Saya sudah hampir 6 tahun hobby dibidang kicau burung khususnya jenis Pleci, Alhamdulillah sudah pernah mengikuti beberapa ajang kontes burung kicau termasuk kontes di bogor hari ini”, pungkas JAY peserta dari purwakarta.(Wie)

 

Komentar

News Feed