oleh

Bimtek PPS Kelurahan Melayu kepada KPPS

BERITA KOTA BIMA (NTB)— Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Melayu Kecamatan Asakota umelakukan bimbingan teknis kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tentang persiapan, logistik, aksesibel, pemungutan, dan perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari Selasa tanggal 09-April 2019 pukul 13.00 Waktu Indonesia Barat di Gedung Rezky RT 02/RW 01 Kelurahan Melayu.

Bimtek KPPS dihadiri oleh Ketua KPPS dan Anggotanya dari setiap KPPS yang ada di wilayah Kelurahan Melayu. TPS di Kelurahan ini berjumlah 18 TPS jadi peserta bimtek kemarin berjumlah 126 orang.

Pemateri untuk KPPS dari PPS Kelurahan Melayu yaitu Abd.Rahim SH, Aga Rahmatullah S Com, dan Andika SE. Materi yang disampaikan  berpedoman pada Buku Panduan Pelaksanaan Pemungutan dan Perhitungan Suara di TPS Pemilihan Priseden dan Wakil Priseden,DPR RI,DPD,DPRD Propinsi,dan DPRD Kabupaten/Kota 17 April 2019 yang diterbitkan oleh Komisi Pemilihan Umum serta hasil bimtek PPS dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Asakota.

Setiap peserta diberikan Buku Panduan KPPS supaya saat penyampaian materi kepada Ketua KPPS dan Anggotanya dapat mengkaji dengan cermat dan teliti. Hal ini dilakukan karena Ketua KPPS harus mengetahui secara gamblang tentang fungsi dan peran KPPS. selain itu, KPPS Nomor 4 sangat penting apalagi saat memeriksa nama pemilih sehingga yang KPPS Nomor 4 ini adalah orang yang menjadi Panitia Pemungutan Data Pemilih (PPDP) atau yang mengetahui pemilih yang berada di wilayah tersebut.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Asakota Suardi S pd menyatakan bahwa PPS Kelurahan Melayu dalam penyampaian materi dapat disampaikan dengan lancar.

“Bahwasannya bimtek di PPS Kelurahan Melayu berjalan dengan baik dengan penguasaan materi dan penjabarannya merata dari setiap anggota dan Ketua PPS, ” ucapnya Gedung Reziky, Selasa(09 April 2019).

Seperti biasa diakhir bimtek PPS, dan KPPS melaksanakan Simulasi atau Gladi apa yang disampaikan oleh pemateri yang sesuai dengan buku Panduan KPPS. Simulasi atau Gladi dilaksanakan dengan lancar.Selain itu, bimtek akan dilaksanakan lagi  hari Rabu tanggal 10 April 2019 Ketua KPPS Se Kota Bima dan Ketua PPS Se Kota Bima,Pemateri KPUD Kota Bima di SMIK Kota Bima. (Rahim)

Komentar

News Feed