oleh

BPCB Harus Segera Menggali Situs Terung Wetan Krian Sidoarjo

SIDOARJO – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Trowulan, Mojokerto, belum melakukan pengalian secara menyeluruh atas situs purbakala di Desa Terung Wetan, Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Sehingga hingga saat ini situs purbakala itu belum diakui oleh Pemerintah, padahal ini sudah hampir satu tahun.

Situs Terung Wetan Krian Sidoarjo
Situs Terung Wetan Krian Sidoarjo

Seniman yang peduli masalah Cagar Budaya Deby Maria Suzana berkata, ” BPCB harus datang lagi ke wilayah Terung Wetan, tahun lalu tim dari BPCB sudah berjanji. Memang tahun lalu ada kendala yaitu tentang kepemilikan lahan tempat ditemukannya berbagai artefak yang diduga peninggalan Kerajaan Majapahit, tetapi saat ini pihak keluarga dan ahli waris sudah memberikan ijinnya”.

Warga sekitar juga ingin situs Terung ini bisa menjadi salah satu Cagar Budaya di Kota Sidoarjo, sebab situs ini merupakan bukti Kebesaran Kadipaten Terung. Deby menambahkan, “Meskipun Pemerintah belum mengakui secara resmi, tetapi saya bahagia dan bangga banyak wisatawan, mahasiswa, pelajar datang untuk melihat secara langsung situs serta ratusan artefak yang ditemukan oleh warga setempat.” (Ais)

Komentar

News Feed