oleh

BUMdes Desa Foa Tidak Terlaksana, Uang BUMdes Ditarik, Sekcam LSM Perkara Berkomentar

Berita Gunungsitoli (SUMUT) -”’ Kegiatan BUMDES ditahun 2019 didesa Foa tak terlaksana membuat masyarakat kecewa mendengar informasi karena Dana BUMDES tersebut diduga sudah ditarik kepala desa Foa sebelumnya. Rabu (29/01).

Dari pantauan awak media Dana BUMDES tersebut hasil dari musyawarah desa yang dibahas pada tahun 2018 beberapa tahun yang lalu untuk dilaksanakan pada tahun 2019, namun sampai berakhir tahun kegiatan tersebut tidak terlaksana.

Hal ini dijelaskan Fardin Nafis Gea manta kepala desa Foa yang masih aktif pada saat itu menjelaskan,

” Benar kami sudah menarik uang tersebut, namun ketika kami melihat Tim tidak mempunyai proposalnya kegiatan makanya kami tidak serahkan uang tersebut, kata Fardin

Jadi dimana ada uang dana BUMDES tersebut sekarang,,?

” Uang tersebut berada ditangan salah satu aparat desa saya, dan kita akan kembalikan uang tersebut, Terangnya mantan kades Foa itu saat dikonfirmasi dirumahnya di jalan pelud binaka tepatnya di kecamatan Idanoi.

Ditempat yang terpisah Edward Lahagu sekcam Pemerhati kinerja aparatur negara Gunungsitoli atau disingkat Perkara berkomentar,

” Saya melihat kronologis persoalan masalah BUMDES di desa Foa terkesan adanya dugaan penyalahgunaan sebagai pimpinan kepala desa , dimana kades tersebut menarik uang tapi tidak diperuntukan untuk kegiatan BUMDES itu sendiri, karena kegiatan itu masuk pada REKAPEDES yang artinya kegiatanya sudah ada dan Tim BUMDES itu sudah di bentuk.

Jadi BUMDES tersebut sudah jelas tidak terlaksana namun uang sudah ditarik, artinya saya menduga kuat sudah melakukan perlawanan hukum dengan menarik dana BUMDES tersebut tapi tidak terlaksana. Sebut sekcam LSM perkara dengan tegas.

Sampai berita ini diterbitkan, pihak istansi inspektorat kota Gunungsitoli belum memberikan Foa dikecamatan Gunungsitoli Idanoi.(Af lase)

Komentar

News Feed