oleh

Bung Moris : Pemuda Merupakan Inovator Perubahan

KABUPATEN BIMA,NTB – Pemuda merupakan innovator perubahan sebuah bangsa. Khusunya di Indonesia banyak pemuda-pemuda Indonesia yang menjadi tonggak sejarah perjuangan Negara Indonesia, seperti dikumandangkannya sumpah pemuda pada 28 oktober 1928 yang merupakan sebuah gebrakan pemuda dalam meyatukan bangsa, kemudian wikana tokoh pemuda Indonesia yang mendesak bung karno untuk memprolakmasikan kemerdekaan Indonesia, kemudian runtuhnya rezim soeharto dan bangkitnya reformasi dikarenakan tuntutan para pemuda Indonesia.

Begitu banyak sekali gebrakan para pemuda Indonesia dalam membangun negeri ini. Anda, saya, kita merupakan pemuda Indonesia sudah sepatutnya berpikir untuk negerimu, daerahmu, apa yang perlu kamu lakukan untuk daerahmu, apa yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan potensimu.

Pemuda tonggak perubahan, bukan tonggak pengangguran.Banyak sarjana-sarjana muda lahir dengan teori dan pelajaran yang mumpuni di otaknya, namun melempem saat turun di masyarakat, hingga akhirnya kebanyakan tidak menggunakan ilmu yang didapatnya dan ujung-ujungnya kebanyakan mereka sarjana muda yang harusnya membawa perubahan namun hanya menjadi sampah di masyarakat. Kebanyakan lulusan sarjana banyak yang menjadi pengangguran karena mereka menjadi sarjana ingin mencari kerja bukan membuat lapangan kerja dan inilah yang menyebabkan mereka terbawa arus ketertinggalan.

Saya sering bertanya kepada mereka apa yang perlu mereka lakukan untuk masyarakat di dearahmu, kebanyakan hanya menjawab, “entahlah” mungkin mencari kerja di kantor”. Itu masih lebih baik dibanding mereka yang sama sekali tidak mendapat panggilan kerja malah hanya molor dan tidur-tiduran dikasur seperti sosok daging yang tak bertulang.

Sudah cukup lah untuk terus menyalahkan pemerintah yang tidak mempersiapkan lapangan kerja, namun yang perlu dilakukan adalah menyalamatkan orang-orang yang pengangguran untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi mereka. Menjadi wirausaha adalah salahsatu cara untuk membangun daerahmu. Jangan remehkan pedagang yang jualan ikan dari rumah kerumah, mereka lebih baik dari orang yang memiliki ijzah kependidikan namun hanya diam pengangguran.

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk membuat perubahan didaerah masing-masing seperti ; lulusan FISIP Menjadi guru les private, selain memberi pekerjaan untuk diri sendiri namun juga bermanfaat untuk mencerdaskan bangsa. Lulusan ekonomi jualan baju mereka bisa memanfaatkan ilmu majeman dan bisnisnya disini, lulusan pertanian buka lahan untuk bercocok tanam, dan sebagainya mereka bisa memanfaatkan ilmu yang didapat selama kuliah.

Ayo pemuda berikan idemu, berikan banyak hal yang dibutuhkan Negara ini, daerahmu, kamu penerus bangsa, ayo pemuda Indonesia kamu itu hebat dan luar biasa. Bung karno pernah mengatakan “berikan aku 10 pemuda yang mencintai tanah airnya, maka akan kuguncangkan dunia”.

Saat ini 1 pemuda indonesi begitu luar biasa membuat orng-orang luar negeri penasaran dengan Indonesia yaitu Erick thohir yang berhasil mengakuisisi 70% saham klub intermilan, di Negara italia, bahkan bukan tidak mungkin jika 10 pemuda Indonesia bisa menguasai dan menaklukkan dunia ini. MA’RIF (Ketua Pimpinan Anak Cabang Partai Gerindra Kec.Ambalawi

 

Komentar

News Feed