oleh

Ciamis Menjadi Tempat kedua Gerakan Indonesia Membaca

KABUPATEN CIAMIS – Dalam upaya meingkatkan kecakapan literasi masyarakat, serta untuk mengurangi buta aksara di kalangan masyarakat Kabupaten Ciamis, Forum Taman Baca Jawa Barat (FTBM Jabar) menginisiasi kegiatan Gerakan Indonesia Membaca di Kabupaten Ciamis. Acara yang di buka langsung oleh Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin di hadiri oleh ratusan pecinta literasi di Ciamis.

“Gerakan Indonesia Membaca yang diselenggarakan di Kabupaten Ciamis merupakan suatu penghormatan, dari 31 Kabupaten/Kota yang menyelenggarakn kegiatan ini, Ciamis merupakan kota kedua,” ujarnya di Gedung Islamic Center Ciamis, Selasa (12/4) pagi.

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin saat membuka acara Gerakan Indonesia Membaca di Islamic Center Ciamis, Selasa (12/4) pagi
Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin saat membuka acara Gerakan Indonesia Membaca di Islamic Center Ciamis, Selasa (12/4).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dr. Eman Syamsudin.

Menurutnya, kegiatan tersebut salah satunya bertujuan untuk mengurangi buta aksara di masyarakat,”kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan literasi masyarakat, mengembangkan gemar belajar membaca,membangun nilai budaya bangsa dan yang pasti untuk mengurangi angka buta aksara karena jumlah buku referensi yang terbatas,” katanya saat memberikan sambutan.

Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Dr. Eman Syamsudin (mengenakan batik) dan Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin sedang meninjau stand.
Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Dr. Eman Syamsudin (mengenakan batik) dan Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin sedang meninjau stand.

Dari kegiatan tersebut, diharapkan agar masyarakat dapat lebih memahami peran dan fungsinya sebagai makhluk sosial. “Kemendikbud memandang kegiatan ini merupakan kebutuhan hidup masyarakat modern. Sejarah membuktikan pusat-pusat peradaban dunia disebabkan tingkat kecerdasan manusianya yang maju. Pendidikan yang baik harus mencapai level tertinggi di dunia,” imbuhnya. (Bayu Eriga)

Komentar

News Feed