oleh

Diduga Nyerobot Tanah Cristian Z Digugat Di Pengadilan Negeri Gunungsitoli

Berita Gunungsitoli -Sumut_ Diduga menyerobot Tanah dengan menguasai sebagian tanah milik salah seorang warga yang bersertifikat, Cristian Zebua (Purn TNI -AD) digugat di Pengadilan Negeri Gunungsitoli oleh Sudirman Telaumbanua alias Sudi (44) warga Desa Onozitoli Sifaoroasi Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara.

Gugatan ini dilakukan Sudi karena merasa dirugikan oleh perbuatan tergugat I (Cristian Zebua) yang tanpa seizinnya membangun jalan diatas sebagian tanah miliknya di Gang Maufa Desa Onozitoli Sifaoroasi Kota Gunungsitoli. 

“Sebagai masyarakat kecil dan lemah berharap agar perkara ini memiliki kepastian hukum, sehingga hari ini saya daftarkan gugatan perdata ke pengadilan negeri Gunungsitoli. Masalah ini sudah 5 Tahun lamanya, dan selama itu juga saya menunggu itikad baik tergugat I untuk menyelesaikan persoalan ini secara kekeluargaan, namun sepertinya hal itu mustahil bisa terjadi, sehingga saya menyimpulkan untuk menempuh jalur hukum” Tulis Sudi kepada wartawan via Whatsapp usai mendaftarkan gugatannya di PN Gunungsitoli, Senin (18/5) pagi. 

Sudirman Telaumbanua mengakui datang sendiri menyerahkan gugatannya tanpa menggunakan jasa advokad dan telah diterima oleh pihak Pengadilan Negeri Gunungsitoli dengan nomor 23/pdt.G/2020 PN Gst tanggal 18 Mei 2020.

Dijelaskannya, selain Cristian Zebua, Sudi juga menggugat Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Nias sebagai penerbit Sertifikat . Materi gugatan yang disampaikan Sudirman yakni; menghukum tergugat I untuk membongkar kembali bangunan yang telah dibangun diatas tanah objek perkara dan menyerahkan tanah objek perkara kepada penggugat dalam keadaan kosong; Menghukum tergugat I untuk membayar sewa tanah objek perkara dari Tahun 2015 dan menghukum tergugat I untuk membayar kerugian immaterial kepada penggugat serta membayar biaya yang timbul dalam perkara ini, ujar Sudi.  

“Saya berharap agar majelis hakim nantinya dapat memutuskan perkara ini dengan seadil-adilnya dan berpihak kepada yang benar dan lemah” Harap Sudi.(AF lase)

Komentar

News Feed