oleh

Ditengah Pandemi Siswa SMKN 1 Lotu Buat Masker Bantu Pemda Nias Utara

Berita Nias Utara-(Sumut)—- Rupanya Masker yang disumbangkan kepada pemda Nias utara yang diterima Bupati adalah hasil karya anak sekolah SMKN 1 Lotu di kabupaten Nias Utara yang sampai saat ini diduga bersekolah Kamis (30/04/2020)

Hal ini diduga kuat bahwa sekolah SMKN 1 lotu belum mematuhi surat edaran Gubernur Sumatra Utara tentang pencegahan covid-19 dimana sekolah tidak aktifkan namun tetap belajar dirumah melalui online

Menurut penuturan Akun Facebook mirip milik Berkat kristiani Gea kepala sekolah SMKN 1 lotu yang dilangsir dari komentarnya di akun Facebook mengatakan, ” saya menyampaikan hasil kerajinan tangan siswa tp kalian beritakan sesuai dgn keinginan kalian….makanya qt kita dinias utara ni tidak maju2….maksud dan tujuan saya bukan seperti yg kalian beritakan itu…mohon maaf ya. Status komentar akun facebook mirip milik Berkat kristiani Gea

Dari pantauan awak media, pihak sekolah diduga memanfaatkan anak sekolah SMKN 1 lotu di tengah pademik covid-19 untuk memperkenal sekolah dan sekaligus mempromosikan sekolah tanpa memikirkan keselamatan anak sekolah di wabah virus corona saat ini.

Kemudian hal ini sangat bertentangan dengan pernyataan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengeluarkan Surat Edaran terkait pencegahan penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Sumut. Salah satu isinya meniadakan kegiatan belajar-mengajar langsung di sekolah.

Hal ini disampaikan salah satu siswa yang tidak mau disebutkan namanya menuturkan, ” kami di bebani menjahit dari sisi waktu dan bahanya sementara untuk kami dirumah saja kami tidak bisa sanggupi karena ketidakmampuan ekonomi orang tua dan kami pun menurut saja karena masalah nilai kami juga, sedangkan diruang praktek kami tidak memakai APD dan hand sanitezer. keluhnya siswa yang tidak mau disebutkan namanya ini.

Berdasarkan Surat Edaran nomor 440/ 2666/2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (COVID-19) di Sumatera Utara, kegiatan belajar mengajar ditiadakan sejak hari ini, selasa (17/3). Kata Gubsu yang dilangsir dari Detiknews dalam beritanya yang berjudul,” Isi Lengkap Surat Edaran Gubsu Edy soal Libur Sekolah demi Cegah “.

Sampai berita ini diterbitkan, Kacab dinas pendidikan provinsi sumatra utara yang ada digunungsitoli belum memberikan pernyataan resmi terkait ada aktivitas anak sekolah di SMKN 1 lotu di kabupaten Nias Utara. (af lase)

Komentar

News Feed