oleh

Jalan Tol Picu Pertumbuhan Industri dan Pariwisata

Barak News.Com.Lampung -Pembangunan jalan tol trans-Sumatera (JTS) dapat memberikan manfaat yang besar bagi perekonomian Lampung, khususnya di sektor industri dan pariwisata.

Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri, mengatakan dengan adanya jalan tol maka akan membuka konektivitas dengan berbagai sektor. Ini bisa menjadi peluang besar jika mampu dimanfaatkan secara baik.Untuk mendukung ke arah tersebut, Pemprov Lampung akan menitikberatkan pembangunan menjadi tiga cluster utama. Bagian Timur untuk pembangunan kawasan industri, bagian tengah wilayah penyangga guna mendukung ketahanan pangan, dan bagian barat untuk pembangunan pariwisata.

“Adanya pembangunan tol ini dapat memberikan multiplier effect bagi Lampung. Sebab itu, momentum ini harus dimanfaatkan dengan baik,” kata Bachtiar, pada acara Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Pariwisata Taman Nasional Way Kambas (TNWK), di Balai Keratun Pemprov Lampung, Senin (14/3/2016).

jalan tol
Khusus pembangunan sektor pariwisata, Bachtiar optimistis keberadaan tol akan memberikan manfaat hingga empat kali terhadap pertumbuhan ekonomi. Adapun yang menjadi prioritas, yaitu pembangunan kawasan wisata terintegrasi teluk Lampung, kawasan wisata pantai barat Lampung, dan pengembangan Taman Nasional Way Kambas.

Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi Ditjen KSDAEā€“Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Is Mugiono, dalam paparannya, menjelaskan Indonesia memiliki 51 taman nasional dan 114 taman wisata alam. Selain itu, terdapat 3 cluster taman nasional yang menjadi prioritas pengembangan, yaitu Cluster Jawa Timur, Cluster Bali, dan Cluster Lampung.

“Objek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) di kawasan konservasi berlimpah. Namun baru beberapa yang merupakan tujuan destinasi unggulan baik lokal maupun internasional,” ujarnya.

Administrator Yayasan Keanakeragaman Hayati Indonesia (Kehati) Samedi mengatakan TNWK bukan hanya memiliki keunggulan selain Wisata gajah dan badak (terbatas), tapi juga aneka satwa lainnya. (Taufik)

Komentar

News Feed