Jelang Lebaran Tenaga Kesehatan Disiagakan

PANDEGLANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang menyiagakan ratusan tenaga kesehatan untuk menghadapi arus mudik Lebaran 1437 Hijriah. Ratusan tenaga kesehatan itu terdiri atas 57 dokter, 352 perawat, 307 bidan dan 99 tenaga non medis, yang ditugaskan secara khusus melayani kesehatan pemudik mulai H-7 sampai H+7 lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Hj. Indah Dinarsiani seusai memimpin rapat koordinasi internal kesiapan Pos Utama Kesehatan arus mudik Lebaran 1437 Hijriah bersama rumah sakit dan puskesmas se-Kabupaten Pandeglang.
menjelaskan, ratusan petugas medis tersebut disiagakan untuk melayani pemudik di 5 pos kesehatan gabungan, 2 pos kesehatan alternatif yang didirikan di sepanjang jalur mudik dan 36 pos Puskesmas se-Kabupaten Pandeglang. “Kami bekerja sama dengan Polres Pandeglang dan Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi, mendirikan Pos kesehatan gabungan di beberapa titik strategis jalur mudik,” kata Indah Dinarsiani.

head-mudik

Menurut Indah, Pos kesehatan akan beroperasi 24 jam mulai 30 Juni sampai dengan 14 Juli 2016. Posisi pos kesehatan gabungan berada di Alun-alun Pandeglang, Terminal Kadubanen, Pertigaan Mengger, Terminal Tarogong Labuan, Lippo Carita. Sementara itu, pos kesehatan alternatif berada di Pustu Banjarwangi Kecamatan Pulosari dan Pustu Bojongcanar Kecamatan Cikeudal.”Di Pos Kesehatan disediakan tenaga medis, obat-obatan dan ambulans untuk melayani pemudik jika sakit atau sekadar melakukan cek kesehatan bagi pemudik dan pengemudi saat istirahat sebelum melanjutkan perjalanan,” ujarnya.

Sekretaris Dinkes Pandeglang H. Didi Mulyadi menambahkan, seluruh puskesmas yang difungsikan sebagai Pos Mudik tetap melayani masyarakat umum yang akan berobat selama masa arus mudik dan cuti bersama lebaran. “Semua puskesmas tetap buka dan disiagakan 24 jam melayani masyarakat yang sakit maupun antisipasi kecelakaan lalu lintas,” ucapnya.
Didi menjelaskan, pelayanan puskesmas dijalur utama mudik di antaranya Mandalawangi, Cadasari, Karangtanjung, Kaduhejo, Cimanuk, Munjul, Cikeusik, Cigeulis, Cimanggu, Cisata, Jiput, Cibaliung, Sumur, Saketi, Bojong, Picung, Menes, Labuan, Carita, Panimbang, Sobang akan ada petugas kesehatan jaga stand by 24 jam.(Jep) No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten

Komentar