oleh

Kembali Melestarikan Kebudayaan Sunda Bersama Desa Sukamaju

KABUPATEN BOGOR – Akhir – akhir ini banyak sekali generasi muda yang sudah mulai melupakan kesenian tradisional di daerahnya sendiri, perlahan kesenian warisan leluhur tersebut mulai dilupakan, maka dari itu APJ sapaan akrab dari  H. Alex Purnama Johan Kepala Desa Suka maju Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor mulai kembali menggali potensi dari seni budaya tersebut.

Diakhir bulan Agustus (26/08), dipenghujung dari semua rangkaian acara HUT RI di halaman kantor desa digelar seni tradisional Jawa Barat yaitu antaranya Jaipong dan Wayang Golek. Gelaran seni tradisional ini bertujuan agar nilai – nilai kebudayaan Sunda tidak terkikis dan para generasi muda lebih mengenal warisan kesenian tradisional dari leluhur.

Acara dimulai dari pukul 14.00 WIB dengan aneka tarian Jaipong kemudian malam hari dilanjut dengan sajian Wayang Golek itu mendapat antusias yang luar biasa dari warga, tidak hanya kalangan Manula akan tetapi para remaja dan anak – anak juga ikut serta memeriahkan gelaran kesenian tradisioanal tersebut.

“Ternyata kesenian Sunda bukan tidak di gemari tapi karena memang sekarng ini jarang digelar, ini kita bisa lihat dari antusias warga yang menonton, semoga kedepannya kebudayaan tradisional ini bisa terus digali sehingga tidak terkikis “, ungkap APJ.

Masih tutur APJ, ” Kita harus bangga dengan warisan dari leluhur, kita jaga dan lestarikan agar nantinya anak cucu kita bisa mengenal kesenian dan adat Sunda, karena dengan kemajuan tekhnologi apabila tidak dibarengi dengan pelestariaan kebudayaan tradisional maka nilai – nilai kebudayaan sendiri akan hilang “. (Wie)

Komentar

News Feed