oleh

Kesbangpol Beri Pelatihan Pada Guru PKN di Ciamis

Ciamis –  Pelatihan Fasilitator Pendidikan Wawasan Kebangsaan Tahun 2016 yang di gelar oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Ciamis di Aula RM. Samudera , Rabu (28/09/16).Acara tersebut di hadiri oleh 55 orang tamu undangan yang terdiri dari Unsur Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tingkat SMP, Forum Komunikasi Politik Perempuan Ciamis, Forum Pembauran Kebangsaan, Kwarcab Pramuka dan Tokoh Pemuda Sekabupaten Ciamis, Anggotas Forkopida Kabupaten Ciamis, Kepala SKPD, dan Anggota Pokja PPWK (Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan.

Tjatja Kuswara selaku narasumber memberikan materi pelatihan dengan tema “Revitalisasi Dan Aktualisasi Nilai-Nilai UUD NKRI 1945 dan Karakter Bangsa.faktor-faktor permasalahan yang berasal dari dalam negeri antara lain,masih lemahnya penghayatan dan pengalaman agama dan munculnya pemahaman terhadap ajaran agama yang keliru dan sempit ,serta tidak harmonisnya interaksi antar umat beragama. Sistem sentralisasi pemerintahan di masa lampau yang mengakibatkan terjadinya penumpukan kekuasaan di Pusat dan pengabaian terhadap kepentingan daerah dan timbulnya fantisme kedaerahan.

Kesbangpol Ciamis Gelar
Kesbangpol Ciamis Gelar Pelatihan pada Gurun PKN di aula RM Samudra Kemarin

Menurutnya, tidak berkembangnya pemahaman penghargaaan atas kebhinekaan dan kemajemukkan dalam kehidupan berbangsa, terjadinya ketidakadilan ekonomi dalam lingkup luas dan dalam kurun waktu yang panjang, melewati ambang batas kesabaran masyarakat secara sosial yang berasal dari kebijakan public munculnya perilaku ekonomi yang bertentangan dengan moralitas dan etika, serta kurangnya keteladanan dalam sikap.

“Sementara itu, faktor permasalahan yang berasal dari luar negeri adalah , pengaruh kehidupan globalisasi yang semakin meluas dengan persaingan antar bangsa yang semakin tajam, serta makin kuatnya intensitas intervensi kekuatan global dalam perumusan kebijakan nasional”,paparnya. (Andz)

Komentar

News Feed