oleh

Koperasi Sebagai Perusahaan Berbasis Kepentingan dan Kekuatan Ekonomi Anggota

koperasi

Bogor.Baraknews.com – Untuk meningkatkan perekonomian di masyarakat banyak hal yang dapat dilakukan diantaranya dengan membentuk suatu wadah yang disebut koperasi.

Andang K. Ardiwidjaja selaku intruktur dari pelatihan daya dukung perangkat pemerintah desa berbasis koperasi angkatan 4 tahun 2017 berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa, mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat serta mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas dasar kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Pelatihan ini di hadiri oleh seluruh Kepala Desa dan juga Lurah se-Kabupaten Bogor yang diadakan di Rizen Primier Hotel Jln.Raya Puncak KM.77 Cisarua Bogor pada hari Senin – Jum’at (06 – 10 Maret 2017).

“Kabupaten Bogor ini terdapat 417 Kades dan 17¬† Kelurahan,apabila bisa bersatu insyaallah koperasi ini akan maju, acara ini bertujuan untuk untuk mempererat talisilaturahmi dan juga sebagai sosialisasi kepada seluruh Kades dan Lurah yang berada di Kabupaten Bogor mengenai fungsi dari koperasi”,ungkap Andang saat di temui Baraknews di lokasi.

“Fungsi kegiatan ekonomi koperasi pada dasarnya melayani anggota karena itu status anggota harus di tetapkan secara jelas dan tegas, anggota juga harus ikut berpatisipasi dalam pelaksanaan hak dan kewajiban terhadap koperasinya”,pungkasnya.

Santosa sebagai Ketua Koperasi Desa menuturkan,”Mari kita hidupkan kembali koperasi supaya jangan sampai masyarakat desa kita terjerat dengan Bank Keliling, selain itu tujuan dari koperasi ini supaya saat¬† sudah tidak menjabat sebagai Kepala Desa dapat ikut mengelola koperasi tersebut, Koperasi Desa telah tercantum dalam UUD Desa no.6 thun 2016.

Dengan semakin kuatnya gerakan ekonomi atau semakin kuatnya persaingan, maka koperasi perlu melakukan pembaharuan manajemen yang adaptif dan komunikatif sesuai dengan tuntutan lingkungan bisnisnya.(wie/bule/iswan)

 

Komentar

News Feed