oleh

Kunjungan Studi Banding Di Desa Cibeureum Disambut Secara Kekeluargaan

KABUPATEN BOGOR –  Pemerintah Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor, yang dipimpin oleh Kepala Desa Cibeureum H.Rahmat Hamami, melakukan studi banding desa antar Provinsi, dalam rangka Peningkatan Kapasitas SDM Aparat Desa dengan mempelajari sistem administrasi dan Pemerintahan desa yang berlangsung di aula desa Cibeureum.

Rombongan dari Kabupaten Siantang Kalimantan Barat diterima langsung oleh Kepala Desa Cibeureum didampingi Sekretaris desa dan staff desa. Dalam pertemuan yang berlangsung santai dan kekeluargaan ini membahas tentang bagaimana cara mengembangkan desa dan bagaimana pengelolaan sistem administrasi desa.

Alasan pemilihan Desa Cibeureum  sebagai tujuan desa belajar selain  memiliki karakteristik  juga merupakan desa wisata  yang berhasil membentuk pemerintahan yang baik dan benar.

Kepala Desa Cibeureum  menyambut baik kunjungan dari Kabupaten Siantang Kalimantan Barat tersebut dan berharap dapat melakukan kunjungan balasan untuk lebih mempererat silaturahmi antar desa serta melihat peluang kerja sama desa, meskipun jauh.

Rahmat selaku Kepala Desa Cibeureum  dalam sambutannya mengatakan, “Ketika kita  berbicara Pemerintah, karena sekalipun bagaimana ada bebrapa hal yang harus kita lakukan, minimal sistem keterbukaan, disini kita harus libatkan seluruh elemen masyarakat, yang kedua visioner, maksudnya apapun yang akan dilakukan apapun bentuknya harus ada perencanaaan yang baik, ketiga efisien adalah  bagaimana menggunakan anggaran ala kadarnya tapi mnghasilkan banyak, empat offlow apapun pekerjaan yang kita lakukan  harus dapat dipertnggungjawabkan “.

Sementara itu Deden selaku Sekretaris Desa berujar, ” Desa Cibeureum adalah desa  penerima bntuan terbesar di Kabupaten Boogor, untuk tahun 2017 anggaran yang diterima sebesar Rp. 4.041.875.166.00, dalam penalokasian Dana Desa kita melibatkan semua, Kepala Desa ,BPD dan LPM harus  ikut  turun ke bawah langsung, untuk hal – hal lain yang  merupakan peraturan – peraturan desa adalah tanggungjawab saya “. (Wie/bule)

 

Komentar

News Feed