oleh

Lakbok dan Purwadadi Siap Gelar Pilkades Serentak 2016

KABUPATEN CIAMIS – Sebanyak 76 desa di wilayah Kabupaten Ciamis akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Termasuk desa-desa yang berada di wilayah Kecamatan Lakbok dan Purwadadi.Pelaksanaan demokrasi masyarakat desa yang akan di gelar serentak pada tanggal 17 April 2016 itu menelan anggaran sekitar Rp. 4 miliar.

kades

Menurut Camat Lakbok, N. Mulyono mengatakan dalam pilkades ini pihak kecamatan sudah menjalankan tugas sesuai dengan Perda Nomor 7 Tahun 2015 Tentang Perangkat Desa. Bahwa tidak ada intervensi dari kecamatan untuk pilkades, baik dari segi pendanaan ataupun yang lainnya. “Anggaran langsung ke panitia pemilihan kepala desa, tidak melalui camat,jadi yang bertanggung jawab, ya panitia desa, kecamatan hanya membina, membimbing dan menfasilitasi,” ujarnya.

Untuk kecamatan Lakbok ada 3 desa yang mengikuti pilkades serentak nanti dan sekarang sudah memasuki tahap kampanye. “Di Lakbok sendiri ada 3 desa, desa Kalapasawit, Kertajaya dan Cintajaya, dari sisi keamanan sejauh ini berjalan kondusif tidak ada masalah, bekerjasama dengan Kapolsek dan Danramil, karena sudah diberi pengarahan pada saat penentuan nomor undian calon,” imbuhnya kepada BARAKNEWS.COM saat diwawancarai di ruangannya, Senin (11/4).

Sementara itu,Camat Purwadadi, Yayat Ahadiat mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan persiapan Pemilihan Kepada Desa sesuai prosedur. Ada 6 desa di wilayah kecamatan Purwadadi yang akan berpartisipasi dalam pilkades tersebut. Sama halnya dengan Camat Lakbok, Yayat juga mengaku pihak kecamatan tidak menerima dana pilkades karena mengikuti aturan yang ada.”Sejauh ini belum ada masalah, kami melaksanakannya sesuai dengan prosedur, camat tidak menerima dana pilkade,” katanya. (Bayu Eriga)

Komentar

News Feed