oleh

Mendagri Turut Beri Dana untuk Ibu Warteg yang Dirazia Satpol PP Serang

JAKARTA  – Aksi penggalangan dana bergulir untuk membantu ibu warteg yang dirazia Satpol PP karena membuka warteg di siang hari, namun dengan cara yang kurang simpatik. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo rupanya ikut membantu.

“Saya pribadi sebagai Mendagri memberikan dana sebagai modal kerja kepada penjual makanan yang makanannya disita Satpol PP,” ucap Tjahjo dalam pesan singkat kepada detikcom, Minggu (12/6/2016).

Namun dana yang diberikan Tjahjo tidak disalurkan melalui komika Dwi Putra yang menjadi inisiator penggalangan dana untuk ibu warteg dan telah terkumpul lebih Rp 176 juta, tapi langsung melalui staf Kemendagri kepada ibu warteg itu.

“Staf Kemendagri yang akan antar ke rumah ibu tersebut diserahkan langsung,” ujarnya.

“Modal usahanya kan harian, modal yang berupa makanan sudah disita Satpol PP kan kasihan tidak punya modal kerja. Tapi ibu itu juga mendapat simpati dari para masyarakat yang membantunya,” imbuh Tjahjo.

Tjahjo menilai cara yang diterapkan Satpol PP Serang untuk merazia warteg yang buka siang hari kurang simpatik. Tjahjo sudah menugaskan pejabat Satpol PP Kemendagri untuk menegur cara-cara seperti itu.
“Direktur Satpol PP Kemendagri saya minta ke Kabupaten Serang untuk menegur dan mengingatkan kepada jajaran satpol PP seluruh Indonesia, bahwa dalam melaksanakan keputusan atau instruksi kepala daerah atau melaksanakan mengamankan perda di daerah untuk bersikap simpatik,” ucap Tjahjo.

“Mengedepankan penyuluhan, tidak overacting yang menimbulkan ketidaksimpatiknya masyarakat kepada pemerintahan baik pusat maupun daerah,” lanjutnya.

“Harus instropeksi,” perintah Tjahjo kepada Satpol PP.

Razia terhadap ibu warteg bernama Saeni (53) terjadi pada Rabu 8 Juni 2016. Aparat Satpol PP mengangkut sayur dan lauk pauk dagangan Bu Saeni yang hanya bisa menangis sedih. Razia Satpol PP ini dilakukan seiring dengan imbauan pemerintah setempat agar rumah makan tidak buka di siang hari..(Red) No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten

Komentar