oleh

Menteri Ferry Bagikan Sertifikat Tanah Di Ciamis

KABUPATEN CIAMIS – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Negara RI. Ferry Mursyidan Baldan, M.Si., menyerahkan secara simbolis 15 sertifikat tanah Reforma Agraria atau Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) tahun 2016, kepada masyarakat dan intansi Kabupaten Ciamis.Penyerahan sertifikat tanah Prona itu dilakukan secara simbolis kepada sejumlah masyarakat dalam suatu acara di Pusat Kota Alun-alun Ciamis,Selasa (24/5).

Acara penyerahan Prona tersebut disaksikan langsung Bupati Ciamis, Drs. H. Iing Syam Arifin.Menteri Ferry pada acara tersebut mengatakan, pihaknya berupaya memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus legalitas atas kepemilikan tanah yang dimanfaatkan untuk tempat tinggal dan lahan pertanian/perkebunan.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Negara RI. Ferry Mursyidan Baldan, M.Si.
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Negara RI. Ferry Mursyidan Baldan,M.Si bersama Bupati,Walikota Wilayah V dikabupaten Ciamis Selasa (24/05/2016)

Dengan memiliki legalitas berupa sertifikat hak milik atau hak guna usaha atas tanah/lahan, masyarakat dapat dengan tenang dan nyaman memanfaatkannya. Selain itu dengan memiliki sertifikat, di samping kuat secara hukum juga dapat dijadikan jaminan untuk meminjam uang di bank.“Jika ingin melakukan renovasi rumah atau mengembangkan usaha pertanian/perkebunan, pihak perbankan akan memberikan dukungan dana dengan jaminan tanah yang telah bersertifikat,” ujarnya.

Ia menambahkan, reforma agraria merupakan penegasan kedaulatan negara atas hak dan tanah negara, serta mengambil tugas dan peran dalam penerbitan sertifikat hak tanah. Sehingga masyarakat tidak lagi resah dan merasa tidak berhak menempati tanah yang ditinggalinya.“Karena itu agar penerima sertifikat tidak dengan mudah menjual atau melepaskan sertifikatnya, apabila terjadi pengalihan hak, maka negara akan mengambil kembali ha katas tanah tersebut. Kami titipkan setifikat ini, agar jangan pernah ada lagi warga yang disusahkan karena tanah,”pesannya.(Jepri)

Komentar

News Feed