oleh

Musyawarah Perencanaan Dan Pembangunan Desa Di Lemah Duhur Berjalan Secara Kekeluargaan

KABUPATEN BOGOR. – Musrenbangdes adalah forum musyawarah tahunan yang rutin dilakukan oleh setiap pemangku kepentingan (stakeholder), hal ini dilakukan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang akan dilaksanakan.

Jum’at (29/09) desa Lemah Duhur Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor, di bawah kepemimpinan Ujang Najmudin selaku Kepala Desa beserta seluruh stakeholder menyelenggaraan Musyawarah Desa, karena hal tersebut  sangat penting artinya dalam mewujudkan demokrasi berlandaskan musyawarah (deliberative democracy).

Karena keputusan-keputusan penting menyangkut hajat kehidupan warga desa tidak hanya diputuskan oleh Pemerintah Desa melainkan oleh seluruh komponen masyarakat.Dalam  Musrenbangdes menetapkan urusan yang lebih teknis, yaitu prioritas, program, kegiatan, dan kebutuhan Pembangunan Desa yang didanai oleh APBDesa, swadaya masyarakat Desa.

Karena agenda teknis tersebut, Musrenbangdes menjadi tanggung jawab Pemerintah Desa (kepala dan perangkat desa). Meski demikian, proses Musrenbangdes harus tetap melibatkan BPD dan masyarakat Desa, demi menjamin kualitas permusyawaratan dan mengawal mandat Musyawarah Desa.

Dalam kesempatan tersebut Ujang Najmudin memaparkan tentang usulan kegiatan prioritas Musrenbangdes, ” Musyawarah Perencanaan dan  Pembangunan Desa  merupakan bagian dari RPJMDes yang nanti akan dibahas pada Musrenbang Kecamatan, saya berharap dengan diadakannya Musrenbangdes ini kita dapat melaksanakan pembangunan desa sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan “.

Salah satu tokoh masyarakat, Kyai Entis juga memberikan beberapa petuah demi kemajuan desa Lemah duhur, ” Saya adalah orang yang sangat mendukung atas kepemimpinan dari Kepala Desa, tetapi apabila Kepala Desa melakukan kesalahan saya tidak akan segan untuk menegurnya, ini semua agar bisa terwujudnya desa Lemah Duhur yang aman, bersih dan tertib “.

Kyai Entis juga menambahkan bahwa seorang pemimpin harus bisa menuntun warganya, memberikan solusi bagi permasalahan yang ada di desa, lebih peduli terhadap kepentingan masyarakat. (Wie)

 

Komentar

News Feed